27 November 2016

PineBook, Laptop Linux Termurah Berpenampilan Macbook

[Iklan Sponsor oleh Google]
laptop-pinebook-linux-murah
Apakah Pinebook itu..? Jika berbicara tentang Macbook, tentu akan langsung terlintas dipikiran anda adalah sebuah laptop buatan perusahaan Apple yang menjalankan sistem operasi Macintosh yang dijual untuk kalangan premium karena harga termurahnya yang selalu ada dikisaran diatas 10 jutaan.
Tapi untuk Pinebook sangatlah berbeda, karena harga dari laptop ini sangat murah yakni US $ 89 atau setara dengan Rp. 1.193.223 (kurs 1 US dollar = 13.405 rupiah) untuk yang layarnya berukuran 11 inch. Dan US $ 99 atau Rp. 1.327.095 untuk yang layarnya 14 inch dan mempunyai berat 1,2 kilo gram.

Dengan hadirnya Pinebook dengan harga 1 juta lebih sedikit yang nampak seperti Macbook Air ini tentu saja membawa angin segar bagi pecinta Linux diseluruh Indonesia dan bahkan dunia. Karena bisa dengan mudah mendapatkan laptop yang memang dibuat untuk bersemayamnya OS tersebut dengan harga yang sangat terjangkau. Jangan lupa baca juga: OS Linux Tercepat Lubuntu dan Chromebook Terlaris Di Amerika Untuk Pelajar Dan Mahasiswa.

Kenapa Laptop Linux Pinebook ini harganya murah..?

Yang pertama karena menggunakan OS Linux yang Open Source yang tidak perlu membayar untuk lisensinya alias bisa digunakan secara gratis. Beberapa base OS Linux yang nantinya akan ada di Pinebook ini antara lain adalah Ubuntu dan Debian.

Padahal saat ini Distro atau Distribusi Linux yang dibuat dengan menggunakan base OS dari kedua tersebut sangatlah banyak dengan berbagai desain tema dan tampilannya.

Dan ternyata bukan hanya itu saja, karena pada Pinebook nantinya akan ada juga OS yang lainnya seperti Android, Remix OS dan Windows IoT.

Bagaimana dengan spesifikasi hardware pada Pinebook ini..?

Meskipun dibanderol dengan harga murah, ternyata spesifikasi yang mereka berikan tidaklah terlalu murahan dan cukup mumpuni, karena sudah menggunakan processor yang berjenis Quad-Core ARM Cortex A53 64-Bit.

Berikut spesifikasi lengkapnya: Atau klik https://www.pine64.org/
spesifikasi-hardware-pinebook
.
  • CPU              : Allwinner A64 Quad-Core Cortex-A53 64-bit @ 1.2 GHz
  • GPU              : Mali-400MP2 (Display: 1280 x 720)
  • RAM             : 2GB LPDDR3
  • Storage          : 16GB eMMC 5.0 (expandable up to 256GB via microSD)
  • Ports              : 2x USB 2.0, 1x MicroSD, 1x 3.5mm Jack, 1x Mini HDMI
  • Connectivity  : WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0
  • Battery           : 10,000 mAh Lithium Polymer
  • Camera          :1.2MP Font, Built-in Mic

Dimanakah tempat atau toko online untuk membeli laptop Pinebook di Indonesia..?

Untuk saat ini perangkat yang dari luar mirip sekali dengan Macbook Air yang bergaya premium namun dapat kita beli dengan harga 1 jutaan, ternyata belum dijual dan tersedia dipasaran.

Jadi untuk saat ini tidak akan anda temukan di toko online lokal maupun luar negeri manapun. Tapi anda bisa mendaftarkan email anda agar jika nanti produk tersebut sudah tersedia untuk dipesan (pre order) anda akan langsung mendapatkan informasi ke alamat email anda.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.