16 Oktober 2016

Pencurian Uang Di ATM Oleh Hacker Dengan Modus Pengambilan Hadiah

[Iklan Sponsor oleh Google]
hacker-penipu-uang-mesin-atm
Berbagai modus penipuan yang dilakukan melalui sms dan telepon mungkin sudah sangat sering anda dengar. Entah itu karena sudah menimpa secara langsung kepada anda sendiri, saudara ataupun teman anda. Modus penipu biasanya memberitahukan bahwa anda adalah salah satu
pemenang undian yang terpilih dan berhak mendapatkan hadiah dari salah satu perusahaan provider seluler yang sedang anda pergunakan. Dan hadiah tersebut biasanya bermacam-macam, mulai dari mobil mewah, motor, dan uang tunai jutaan rupiah.

Apapun jenis hadiah yang mereka tawarkan tetap saja ujung-ujungnya akan meminta anda untuk untuk mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening mereka dengan alasan pajak yang harus anda bayarkan, sebagai ongkos pengiriman hadiah kerumah anda dan sebagainya. Nanti baca juga: cara melapor call center bank setor di ATM tunai gagal.

Akan tetapi lambat laun penipuan yang menggunakan modus seperti ini sudah tidak begitu berhasil lagi karena masyarakat untuk saat ini sudah cukup aware dengan kejadian semacam itu.

Namun hal itu ternyata belum mampu untuk membuat para penipu lantas menjadi jera dan bertaubat dari aksi kejahatannya, melainkan mereka malah membuat modus baru yang lebih canggih lagi jika ditinjau dari segi dunia Teknologi dan Informasi (IT) atau yang populer disebut hacker yang cukup meyakinkan bahkan terkadang oleh orang yang sudah pernah mengalami penipuan dengan modus lama.

Aksi hacker ini memang sedikit berbeda dari aksi-aksi hacker yang lebih hebat yang biasa dilakukan ketika menbobol sistem keamanan server bank tanpa perlu menipu nasabah bank manapun terlebih dahulu.

Modus baru apakah yang digunakan hacker penipu untuk mencuri uang tabungan melalui internet dan mesin ATM..?

Sebagai pancingan awal, penipu masih menggunakan cara-cara lama seperti undian hadiah hanya saja sistem dan metode pengambilan hadiahnya yang berbeda.

Sebagai salah satu contohnya adalah penipuan undian berhadiah telkomsel yang memberikan uang sebesar 8 juta rupiah yang masih dalam bentuk elektronik.

Karena masih dalam bentuk elektronik, maka penipu akan menyuruh calon korban untuk segera mengambilnya dengan cara memasukkan kartu ATM mereka ke mesin ATM terdekat sambil di pandu langsung oleh sang penipu.

Jika calon korban mengatakan sedikit ada keraguan bahwa nanti uangnya akan hilang, di curi atau di sedot, maka penipu akan dengan mudahnya menepisnya dengan mengatakan "yang namanya saldo atau uang hilang itu kalau anda disuruh transfer, sedangkan saya kan tidak menyuruh anda transfer kepada saya" dan lain-lain.

Apakah saldo atau uang kita akan hilang dan tersedot ke nomor rekening hacker jika kita memasukkan kartu ATM kita..?

Kemungkinan besar adalah iya! karena jika tidak, untuk apa si penipu menyuruh kita untuk memasukkan kartu ATM kita sambil nantinya tetap dipandu untuk memasukkan nomor HP kita, dan lain-lain.

Bisa jadi, pada saat kartu ATM kita sedang dalam status online sambil tetap terhubung dengan bimbingan yang dilakukan penipu, maka dari sinilah mereka mendapatkan celah untuk mencuri uang tabungan kita.

Memang, jika tidak dalam kondisi seperti itu meskipun kita beritahukan nomor PIN kita beserta nomor rekening lengkap sekalipun, mereka tidak akan serta merta bisa mencuri uang tabungan kita. Akan tetapi jika pada posisi dan status online kita bersamaan dengan mereka, itu merupakan hal yang masih mungkin terjadi. Apalagi kita sambil terus dipandu untuk membuka menu-menu tertentu di mesin ATM.

Atau silahkan anda dengarkan percakapan calon korban dan penipu dalam sebuah video yang diambil dari Youtube yang telah direkam oleh calon korban atas kasus undian berhadiah Telkomsel dimana penipu menyuruh calon korban untuk pergi ke ATM terdekat.


Selain modus undian seperti diatas, ada juga modus lain seperti dengan mengatakan sebagai petugas dari kepolisian dan mengatakan bahwa anak anda, atau saudara anda telah mengalami kecelakaan dan membutuhkan dana secepatnya. Serta ada juga modus yang paling ecek-ecek namun sangat populer di masyarakat yakni mama minta pulsa.

Dan jika kebetulan anda pernah mengalami langsung atau pernah mendengar modus hacker dalam mencuri uang tabungan melalui ATM dan online di internet seperti pada video tersebut, silahkan berkomentar dan share pengalaman anda tersebut agar semakin banyak orang yang menjadi tahu.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.