27 Oktober 2016

Lubuntu, OS Linux Tercepat Untuk Komputer Lemot!

[Iklan Sponsor oleh Google]
os-linux-lubuntu-kinerja-cepat
Kamu lagi pakai komputer atau laptop jadul dengan memory RAM yang berukuran 2 GB atau kurang..? Kinerja OSnya lemot yaa..? suka hang yaa..? Pasti tuh.. hehe. Apapun sistem operasi yang sedang berjalan di komputer kamu, jika menggunakan kapasitas RAM segitu pasti akan
mudah sekali hang karena terjadi out of memory atau kehabisan seiring banyaknya program yang sedang kamu pakai atau jalankan. Coba OS Linux Distro Lubuntu! dijamin komputer kamu bakalan ngacir melesat dan meluncur seperti roket!.

Apa sih Linux Distro Lubuntu itu..?

Lubuntu merupakan salah satu jenis dari ratusan distribusi Linux OS yang saat ini ada. Dan Lubuntu ini dibangun dengan menggunakan basis Ubuntu yang merupakan basis Linux yang paling populer dan banyak digunakan orang diseluruh dunia.

Dan jika saya boleh mengibaratkan Linux Lubuntu ini seperti seorang cowo/cewe yang berpenampilan sangat sederhana dan tidak glamor akan tetapi memiliki tingkat kecerdasan yang lebih unggul dari yang lainnya.

Benarkah Lubuntu merupakan OS linux yang mempunyai kinerja paling cepat jika di install di komputer lama dengan spesifikasi hardware terbatas..?

Yup, bener sekali! Karena oleh para komunitas yang mengembangkannya memang di bentuk sedemikian rupa agar membuat semakin responsif, cepat, serta hemat daya baterai.

Hal itu mereka lakukan dengan cara memangkas beberapa fitur dari program-program bawaan Ubuntu serta merubah desain tampilannya sesederhana mungkin dengan mengutamakan kinerja komputasi yang cepat, ringan, handal, dan tidak membuat BeTe pemakainya karena terlalu sering hang.

Jadi desain dan theme skin Lubuntu ga keren dong..?

Yaa, memang ga keren. Karena lubuntu tidak mengedepankan penampilan, akan tetapi mereka lebih mengutamakan kecepatan, kestabilan dalam berkomputasi meskipun menggunakan komputer lama atau dengan spesifikasi hardware yang rendah.

screenshot-lubuntu-anti-lemot

Diatas merupakan hasil dari screenshot komputer yang menggunakan Lubuntu. Terlihat sekali bahwa desain Lubuntu memang sangat sederhana dan terkesan klasik. Namun karena desain tersebutlah yang membuat Distro Linux tersebut menjadi sangat ringan karena hanya menggunakan sedikit RAM saja.

Apa saja program atau aplikasi bawaan jika kita selesai menginstall Lubuntu..?

Aplikasi bawaan memang sedikit, dan sebagai hanya Mozilla Firefox sebagai internet browser, GNome Player sebagai pemutar file video, Audacious sebagai pemutar musik atau mp3. Dan jika masih kurang, kita masih dapat dengan mudah mendowloadnya sendiri. Seperti misalnya Chrome Browser, Gimp untuk image editing gantinya Adobe Photoshop, dan lain-lain.

Berapa lama waktu proses installasi Lubuntu..?

Sangat singkat! berdasarkan pengalaman saya, dalam waktu 7 menitan sudah terinstall. Karena file ISO Lubuntu dengan based Ubuntu 16.04 versi terbaru besarnya hanya sekitar 800 MB'an saja tidak seperti distro lainnya yang ada diatas kisaran 1 GB keatas yang memerlukan waktu installasi antara 20 hingga 30 menit (tergantun spesifikasi hardware komputer). Dan selanjutnya hanya untuk download dan install berbagai kebutuhan aplikasi lainnya serta update OS itu sendiri.

Silahkan klik disini untuk mengenal lebih jauh mengenai Lubuntu. Dan saat ini distro Linux OS ini ada dalam peringkat ke 20 berdasarkan data yang dirilis oleh Distro Watch. Adapun 5 peringkat teratasnya dipegang oleh Linux Mint, Debian, Ubuntu, OpenSUSE, dan Elementary OS.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.