20 Juli 2016

Akankah Pokemon Go Diblokir & Dilarang Di Indonesia?

[Iklan Sponsor oleh Google]
pokemon_diblokir
Melihat fakta bahwa ternyata banyaknya lokasi monster pokemon yang berada di Kompleks Istana Kepresidenan yang membuat para pemain merapat dan berburu di sekitar tempat tersebut, hal itu membuat perhatian khusus dari dinas dan departemen keamanan Republik Indonesia. Pasalnya hal tersebut
dapat mengganggu dan berpotensi mengambil data yang berkaitan dengan keamanan negara baik berupa gambar, visual video, dan juga titil koordinat GPS meskipun hal-hal itu belum bisa dibuktikan secara pasti seperti yang baru saja disiarkan di salah satu stasiun tv swasta TV One yang membahas topik terkait dengan beberapa pembicara melalui telepon. Dan telah dikabarkan juga bahwa beberapa lembaga resmi pemerintah sudah menghingbau kepada anggota aparatnya agar tidak bermain game tersebut.

Secara resmi game paling fenomenal di seluruh dunia saat ini "Pokemon Go" memang belum dirilis di Indonesia, akan tetapi faktanya sudah banyak sekali jumlah pemain pokemon yang memainnya meskipun tidak mengunduh dari situs toko aplikasi resmi Google Play (os android)  atau App Store (os ios).

Semua kekhawatiran yang menyangkut dengan keamanan dan stabilitas negara itu muncul dari dugaan bahwa game pokemon go yang saat ini dikembangkan juga oleh Niantic mampu dan berpotensi mengambil gambar di titik-titik koordinat daerah yang terlarang untuk umum seperti di Istana Kepresidenan, Markas Besar Polisi, Markas TN, dan tempat-tempat yang terbatas untuk umum lainnya.

Tapi akankah Pokemon Go akan diblokir dan dilarang dimainkan di Indonesia..?

Menurut pengamat telematika yang bernama Abimanyu Wachjoewidajat dalam tayangan di TV One sebelum artikel ini saya tulis, Kementrian Komunikasi dan Informasi (MenKomInfo) memang memiliki hak dan kewenangan penuh untuk memblokir akses online server game pokemon go layaknya memblokir situs-situs porno yang sudah dari dulu dilakukan. Akan tetapi beberapa kekhawatiran bahwa game ini dapat mengancam keamanan negara adalah terlalu berlebihan. Meskipun tersebar kabar juga, bahwa beberapa ulama di mesir juga khawatir aplikasi game tersebut adalah alat mata-mata dari pihak asing dan memiliki mudharat seperti minuman keras.

Adakah unsur kesengajaan Niantic selaku pengelola server dari game Pokemon Go menaruh monster di istana kepresidenan atau di tempat-tempat yang terbatas untuk publik lainnya..?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas, menurut pembicara lainnya juga perlu dilakukan pengujian. Karena hingga saat ini penempatan monster-monster pokemon dilakukan secara random (acak) dengan patokan titik koordinat GPS bumi latitude dan longitude dan tidak disetting di lokasi dan lingkungan tertentu. Maka dari itu letak lokasinya terkadang ada yang di jurang, tengah jalan, laut, dll.

Apa solusi tercepat untuk mengatasi pemain pokemon go agar tidak mendatangi dan berburu di lokasi terlarang..?

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, menurut Abimanyu Wachjoewidajat mengatakan tinggal di lakukan jamming aja di area sekitar komplek tersebut untuk mematikan sinyal internet. Seperti yang kita tahu bahwa jamming dapat disetting pada radius jarak tertentu untuk mematikan berbagai macam signal seperti ponsel,wifi, dan bahkan bluetooth. Dan tanpa koneksi internet area terlarang tersebut, tentu saja para pemain pokemon tidak bisa online dan terhubung ke server game tersebut.
.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.