6 Maret 2016

5 Tanda Jika Anda Kurang Air Minum

[Iklan Sponsor oleh Google]
kurang_air_minum
Sudah cukupkah kebutuhan air minum anda dalam sehari..? Di dalam tubuh manusia, air merupakan salah satu bagian yang sangat penting. Hal itu dikarenakan tubuh kita 60 persennya terdiri dari air.
Jadi kita harus selalu memastikan bahwa tubuh kita tidak kekurangan air agar tidak terkena beberapa gangguan-gangguan kesehatan yang dapat diakibatkan karena kekurangan air minum. Tapi apa sebenarnya yang akan terjadi apabila ternyata tubuh kita kekurangan pasokan air yang cukup..? 


Berikut ini adalah beberapa ciri dan tanda-tanda jika kebutuhan air minum tubuh anda tidak tercukupkan.

1). Merasa haus.
Itu pasti! anda akan merasakan kehausan, pada bagian bibir akan nampak begitu kering dan timbul pecah-pecah. Dan ini juga merupakan salah satu tanda bahwa anda memang sedang mengalami dehadrasi atau kekurangan cairan.


2). Kepala anda akan terasa pusing.
Dan rasa pusing tersebut sangat mungkin disebabkan karena dehidrasi yang sedang anda alami itu. Jika ini terjadi menurut Lisa Katic RD, anda harus menghentikan aktifitas anda sejenak dan beristirahatlah. Lisa Katic adalah seorang ahli diet yang sudah terdaftar di Washington, DC. Lalu segeralah anda minum minuman yang mengandung banyak ion dan elektrolit agar kekurangan cairan di tubuh anda segera terpenuhi.

3). Warna air pada urin anda akan menjadi keruh.

Apabila warna pada air kencing anda terlihat keruh dan pekat itu bisa menunjukkan bahwa anda sedang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Dan hal ini juga mengartikan bahwa banyak limbah yang terkandung dalam urin anda. Biasanya warnya akan nampak sangat keruh dan kemerah-merahan. Adapun untuk warna air kencing yang normal sebenarnya adalah kuning muda. Dan jika ternyata berwarna kuning tersebut terlihat terlalu tua kemungkinan besar juga bahwa anda kurang air minum putih yang cukup. 

4). Anda akan merasakan sulit untuk berkonsentrasi.
Dehidrasi sering dikait-kaitkan dengan akan berkurangnya kemampuan anda untuk fokus pada hal atau sesuatu tertentu. Dan hal ini juga bisa mengakibatkan kekurangan ketajaman mental anda. Selain itu juga dehidrasi ringan dapat membuat mood anda menjadi kacau.

5). Anda bisa mengalami sembelit.
Dengan bantuan dari air yang sudah anda minum, lambung dan saluran pencernaan lainya di tubuh anda akan mencerna makanan yang anda makan. Dan air juga akan membantu untuk menekan limbah hasil dari proses cerna tersebut bergerak kebawah dari bagian perut ke usus anda. Nah, jika anda dehidrasi, proses cerna yang seharusnya bisa sampai halus akan mengalami kendala. Selain itu juga perjalanan kotoran limbah hasil cerna (tinja) tersebut akan tersendat dan sulit untuk mencapai saluran yang paling bawah. Dan karena faktor-faktor itulah yang mengakibatkan terjadinya sembelit. Untuk mencegahnya, anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang berkadar serat tinggi serta bersegeralah minum air putih yang cukup.

Demikian beberapa tanda-tanda apabila konsumsi air minum harian kita kurang dari cukup. Dari tanda-tanda diatas masih dalam kategori gangguan kesehatan yang masih ringan, jika hal tersebut berlangsung terlama maka akan berpontensi terjadinya penyakit-penyakit yang lebih berbahaya seperti radang sendi, tekanan darah tinggi dan ginjal.

Jadi jangan sampai anda sepelekan hal-hal tersebut diatas. Dan untuk berapa banyak seharusnya air minum yang harus kita minum per hari adalah 8 gelas untuk orang dewasa. Dan ini adalah rekomendasi dari hampir semua dokter yang ada di seluruh dunia.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.