3 Maret 2016

Penyembuhan Luka Dengan Obat Kompres Dan Antiseptik

[Iklan Sponsor oleh Google]
penyembuhan_luka
Kulit pada tubuh manusia adalah salah satu bagian yang mudah dan rentan sekali terluka. Mungkin itu karena jatuh, tergores, ataupun tersayat benda-benda yang berbau tajam. Ketika pada bagian kulit
kita terdapat luka tentu kita perlu mengobatinya guna mempercepat proses penyembuhan pada luka tersebut. Karena meskipun hanya sekedar luka kecil namun jika itu dibiarkan bisa mengakibatkan infeksi berkelanjutan. Baca juga: mitos pantangan makanan ketika ada luka.

Berikut ini akan saya tuliskan tips singkat tentang cara agar luka baru cepat sembuh dan kering. Dan cara ini sudah saya praktekan sendiri ketika beberapa waktu yang lalu saya mengalami kecelakaan kecil yang mengakibatkan luka pada pelipis mata saya atau lebih tepatnya di ujung alis sebelah kiri. Saat itu secara tidak di sengaja saya membeturkan sebuah besi yang memang sangat menonjol di tembok dan ini mengakibatkan pendarahan kecil.

Setelah kejadian tersebut sayapun pergi ke klinik  dan segera mendapatkan penanganan dari perawat. Karena luka yang diakibatkan dari benturan yang tidak saya sengaja tadi tidak terlalu besar jadi luka tersebut tidak di jahit dan hanya di bersihkan lalu diberi sejenis obat pengering luka.

Seperti yang kita semua sudah tahu, bahwa apabila ada luka di bagian tubuh kita maka seharusnya tidak membiarkannya terkena air hingga luka tersebut mengering. Akan tetapi karena luka yang ada pada saya letaknya di bagian wajah, maka mau bagaimanapun juga pasti akan terkena air ketika cuci muka ataupun mandi.

kompres_luka_rivanol
Akan tetapi sayapun melakukan seperti apa yang telah perawat ajarkan kepada saya yaitu untuk rajin membersihkan dan memberikan obat lagi setelah luka tersebut terkena keringat ataupun air. Jadi setiap sesudah terkena air saya membersihkan luka tersebut menggunakan cairan obat kompres yang mengandung Aethacridini lactas atau bahan tersebut terkandung dalam "Rivanol". Pada saat mengompresnya tidak boleh menggunakan kapas karena bahan dari kapas itu akan menempel pada luka tersebut, tapi pergunakanlah kain kasa atau kain sejenisnya yang sifatnya tidak mudah menempel seperti kapas.


antiseptik_one_med
Nah, setelah dikompres baru kemudian diberikan obat sejenis larutan antiseptik pada luka tersebut. Dan pada saat itu saya memakai "antiseptik povidone iodine" dari One Med. Adapun yang sering digunakan biasanya adalah "antiseptik betadine" dan itu sama saja. fungsi dan kegunaannya adalah untuk mencegah terjadinya infeksi. Dan jika tidak terjadi infeksi maka lukapun akan segera mengering dan sembuh. Cara ini saya praktekkan terutama ketika menjelang tidur. Dan Alhamdulillah luka di pelipis saya sembuh dengan cepat dengan sekali kering dan bekas lukanyapun tidak begitu nampak.

Adapun ciri-ciri terjadinya infeksi karena adanya perkembang biakan kuman dan bakteri pada luka antara lain: timbulnya rasa gatal yang mengharuskan kita seakan-akan ingin menggaruknya, luka hanya kering dibagian luarnya saja dan membentuk borok/koreng sedangkan dibagian dalamnya belum sembuh dan masih basah. Bahkan terkadang luka menjadi bernanah jika luka yang terinfeksi terlalu lama dibiarkan. Akibatnya luka menjadi tidak sekali kering karena akan timbul koreng dan setelah sembuh nantinya akan nampak sekali bekas lukanya.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.