8 Maret 2016

Kisah Tragis Lahirnya Hari Perempuan Internasional

[Iklan Sponsor oleh Google]
sejarah_hari_perempuan_internasional
gambar: internationalwomensdaycom
Hari ini selasa 8 maret 2016, di seluruh dunia sedang merayakannya sebagai hari perempuan internasional atau international women's day. Pada setiap tanggal tersebut memang selalu diperingati untuk setiap
tahunya sebagai salah satu bentuk untuk memperingati sejarah keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan juga sosial.

Tapi tahukah anda bahwa ternyata ada banyak kejadian dan kisah-kisah tragis dibalik awal mula lahirnya hari perempuan internasional ini.

Diantara salah satu peristiwa yang sangat berkaitan erat dengan hari tersebut adalah  kejadian terjadinya kebakaran di sebuah Pabrik Triangle Shirtwaist yang berada di kota New York Amerika Serikat pada tahun 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan meninggal dunia.

Namun jauh sebelum peristiwa kebakaran itu, tepatnya pada tanggal 8 maret 1857 mulailah ide dan gagasan tentang hari perempuan internasioan ini mulai terlahir dari suatu tragedi kekerasan yang menimpa para buruh perempuan yang bekerja di pabrik-pabrik pakaian, garmen, dan tekstil. Tragedi inipun terbilang cukup besar dan mengguncang kenyamanan kota New York kala itu.

Para kaum buruh melakukan aksi unjuk rasa untuk memprotes karena keadaan dan kondisi yang sedang mereka alami semakin memburuk. Dan pada aksi demonstrasi ini pihak-pihak dari aparat kepolisian bertindak sangat kasar karena berusaha menyerang para demonstran dan membubarkan aksi-aksi mereka. Dan hal akhirnya menimbulkan kekerasan yang pada aksi unjuk rasa yang seharusnya berjalan dengan damai itu. Dintara alasan para  adalah adanya tindakan-tindakan diskriminatif antara kaum pria dengan kaum wanita serta tidak adilnya kesetaraan gaji mereka.

Di negara-negara Barat, Hari Perempuan Internasional mulai dirayakan sekitar tahun 1910'an hingga 1920'an, akan tetapi sempat menghilang. Hingga pada tahun 1960'an akhirnya perayaan ini dihidupkan kembali seiring bangkitnya semangat feminisme yang berkobar. Di dukung juga oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Hari Perempuan Internasional tersebut.

Di negara kita ini juga Indonesia, mempunyai satu sosok perempuan yang luar biasa dan sangat terkenal dengan istilah Emansipasi wanitanya yang mempelopori kebangkitan wanita pribumi. Ia adalah R.A Kartini  yang terlahir 21 April 1879 di Jepara dan wafat 17 September 1904 Di Rembang Jawa Tengah. Dan hingga kinipun ia tercatat sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.

Selamat Hari Perempuan Internasional. Semoga dengan adanya peringatan ini bisa lebih memotivasi kepada semua perempuan di Indonesia dan dunia untuk lebih memaksimalkan bakat, kemampuan dan  semua sumber daya manusia yang mereka miliki.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.