5 Maret 2016

Penyimpan Musik Kaset Pita Yang Punah Tergilas Era Digital

[Iklan Sponsor oleh Google]
musik_kaset_pita
Beberapa tahun silam kira-kira antara tahun 1970 hingga 1990 'an sebelum munculnya beraneka ragam teknologi digital mp3 seperti sekarang ini, kaset pita adalah sesuatu yang hampir di setiap rumah bisa kita temukan
dan masih banyak toko-toko yang jual. Pasalnya untuk mendengarkan musik orang-orang masih menggunakan kaset pita yang di putar menggunakan tape jadul atau compo tidak seperti sekarang yang bisa menggunakan aplikasi pemutar musik di hp android.

Untuk pengertian dari kaset pita sendiri adalah sebuah media yang dipergunakan sebagai sarana penyimpan data yang umumnya berupa lagu atau musik. Di dalam kaaset berisi kumparan-kumparan kecil yang pada bagian-bagian lainnya  terbungkus plastik berbentuk kotak kecil persegi panjang. Di dalamnya juga terdapat sepasang roda putaran untuk pita magnetnya. Pita ini akan berputar dan menggulung ketika kaset sedang dimainkan atau sedang dalam proses merekam. Ketika pita bergerak ke salah satu arah dan yang lainnya bergerak ke arah yang lain. Hal ini membuat kaset dapat dimainkan atau merekam di kedua sisinya. Atau yang biasa kita sebut side A dan side B.

Sebelumnya munculnya pemutar musik seperti mp3 player meskipun audio cd sudah ada kala itu, kaset pita masih tetap banyak di gunakan di Indonesia. Karena selain diputar dengan tape compo bisa juga di putar dengan walkman yang mobile atau bisa dibawa kemana-mana. Hingga kemunculan mp3 player yang kemudian menggantikannya secara siknifikan. Apalagi untuk saat ini yang pada hampir dari semua jenis handphone telah di sisipi juga aplikasi pemutar musik atau mp3.

Dan kini tak ada satupun industri yang bergerak di bidang musik yang masih menggunakan kaset pita jadul itu. Dan karena kemudahan menggunakan pemutar musik dengan teknologi yang serba digital yang sangat mudah didapat kini sudah sangat jarang orang yang mendengarkan musik dengan lisensi resmi dan perusahaan rekaman tersebut.

Karena jika ada satu saja yang sudah mempunyai satu file musik, maka ia bisa membagikannya ke semua orang bahkan hingga keseluruh dunia. Bisa dengan mengunggahnya ke internet agar setiap orang bisa mengunduhnya, atau bisa juga di bagikan dengan cara di transfer ke teman-teman via bluetooth.

Akhirnya semua perusahaan-perusahaan besar yang dulu berkecimpung di dunia recording dan permusikan kinipun hanya bisa gigit jari menghadapi derasnya arus perkembangan zaman seperti sekarang ini. Karena berjualan kaset yang dulu sangat menguntungkan, sekarang malah membuntungkan.
.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.