4 Maret 2016

Gerhana Matahari Sebagian Di Kota-kota Di Jawa Tengah

[Iklan Sponsor oleh Google]
gerhana_matahari_cilacap
gambar gerhana sebagian nasa.gov
Anda berada di Jawa Tengah dan ingin melihat gerhana matahari tanggal 9 maret lusa..? Jangan cemas, karena andapun bisa ikut melihatnya langsung tanpa perlu pergi kemana-mana. Kejadian indah gerhana matahari 2016 kian dinanti dan hanya menunggu
dalam beberapa hari lagi. Meskipun pada kenyataannya nanti tidak semua wilayah yang dilalui akan dapat melihatnya secara total, akan tetapi hanya secara parsial atau sebagian saja. Antusiasme masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan pemandangan langka inipun terus bertambah. Ini terbukti dari banyaknya kata kunci dalam pencarian yang menggunakan penelusuran google yang berkaitan dengan gerhana matahari yang akan terjadi beberapa hari kedepan.

Untuk beberapa kota dan kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah sendiri menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  memang dapat melihat fenomena gerhana matahari tersebut, akan tetapi hanya parsial atau sebagian saja. 
Jadi buat anda yang tinggal di wilayah Jawa Tengah tidak usah khawatir karena anda masih tetap bisa melihat indahnya gerhana tersebut tanpa perlu pergi Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Babel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara yang memang sudah jelas akan dilewati jalur gerhana matahari total pada tahun ini.

Lalu kota atau kabupaten di Jawa Tengah mana saja yang akan dilalui gerhana matahari sebagian besok..?

Lokasi-lokasi tersebut antara lain kota Semarang, kabupaten Cilacap, Brebes, Tegal, Slawi, Purwokerto, Pemalang, Purbalingga, Kajen, Kebumen, Pekalongan, Banjarnegera, Batang, Wonosobo, Purworejo, Temanggung, Kendal, Magelang, Mungkid, Ungaran, Salatiga, Klaten, Boyolali, Demak, Jepara, Surakarta, Kudus, Sukoharjo, Purwodadi, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Pati, Rembang dan Blora. Silahkan baca juga jadwal gerhana matahari di jawa tengah.

Kebetulan penulis saat ini berada di kabupaten Cilacap, jadi masih bisa mendapatkan kesempatan untuk melihatnya secara langsung. Namun perlu diingat bahwa untuk menyaksikannya tidak boleh hanya dengan menggunakan mata telanjang kita saja karena itu bisa merusak retina jadi sangat membahayakan mata kita. Akan tetapi harus menggunakan kaca mata khusus agar mata kita tetap terlindung dengan baik.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.