11 Januari 2016

Cara Jitu Mengecat Tembok & Plafon Rumah Bernoda

[Iklan Sponsor oleh Google]
tembok_bernoda
Dinding tembok atau plafon di rumah anda bernoda, ngeflek, bercak-bercak berwarna kemerahan atau kuning? ini dia solusi untuk menghilangkan dan mengatasinya! Mengecat adalah suatu pekerjaan yang
akan selalu di butuhkan selama masih adanya bangunan dinding rumah yang menggunakan tembok. Memang sekarang ini banyak juga dinding rumah yang sudah menggunakan wallpaper untuk menutupi seluruh bagian dindingya. Dan ini tentunya tidak memerlukan cat lagi, paling hanya cat dasar saja untuk menambah daya rekat pada lem wallpaper tersebut. Silahkan anda baca juga: cara mengecat dinding rumah yang baik yang sudah saya tulis beberapa waktu yang lalu.

Selain itu kini juga telah ada sejenis plafon yang tidak menggunakan gypsum, triplek ataupun GRC board dan tidak memerlukan pengecatan lagi. Namun memang untuk saat ini memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan plafon gypsum yang biasa digunakan, dan jenis ini biasanya hanya di pakai untuk desain rumah yang memang sangat elit.

Kembali lagi ke topik utama "cara mengecat tembok dan plafon yang bernoda". Beberapa penyebab terjadinya hal seperti ini antara lain:

Jika ini terjadi pada dinding tembok biasanya karena kondisi yang terlalu lembab, proses awal pengecatan yang salah dan tidak mematuhi standar teknik pengecatan yang benar (salah satunya adalah tidak menggunakan cat dasar seperti alkali resisting primer/sealer), rembesan air dari tembok bagian luar (exterior) yang tidak menggunakan waterproofing ( cat pelapis anti bocor).


Sedangkan apabila ini terjadi pada plafon baik dari bahan gysum, triplek ataupun GRC board kemungkinan penyebab yang besar adalah karena tetesan kebocoran air dari atap rumah anda. 

Jika dinding atau plafon sudah bernoda, maka meskipun anda mengecatnya lagi hingga 10 kali, maka noda itu akan tetap nampak. Cara satu-satunya yang telah terbukti efektif adalah: sebelum anda mengecat bagian yang bernoda tersebut dengan warna cat yang sama, cat dulu bagian yang bernoda itu dengan cat minyak.

Jadi maksud saya adalah anda harus mengecat bagian yang bernoda dengan cat minyak terlebih dahulu. Untuk merk cat minyaknya terserah anda, belilah cat dengan ukuran kecil (1 liter saja) karena yang anda butuhkan juga tidak terlalu banyak. Misalkan warna dinding rumah anda adalah cream dan bernoda kekuningan, nah silahkan anda cat dengan cat minyak warna putih dulu hingga kering dan warna fleknya memudar (biasanya butuh 2 lapis pengecatannya). Anda bisa menggunakan kuas atau roll kecil. Setelah benar-benar kering, baru anda cat dengan warna cream lagi, ulangi hingga warna menutup sempurna dan noda flek benar-benar hilang dan tidak nampak lagi. Demikian tips dari saya, semoga membantu :) Baca juga: tren warna cat rumah minimalis 2016.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.