30 Januari 2016

Benarkah Indonesia Rentan Penyebaran Virus Zika?

[Iklan Sponsor oleh Google]
nyamuk_Aedes_aegypti
Sejak sekitar pertengahan di tahun 2015 kemarin, wabah virus Zika sudah menginfeksi ratusan ribu orang di negara Brazil. Dan hingga saat ini sudah tercatat sejuta lebih yang telah terinfeksi virus menular ini.
Lalu apakah sebenarnya virus Zika ini? Virus zika adalah virus berbahaya yang dapat menular ke manusia melalui media perantara nyamuk yang biasa membawa penyakit demam berdarah dan demam kuning yaitu Aedes aegypti.

Gejala orang yang terjangkiti virus ini biasanya merasakan gejala sakit kepala, timbulnya ruam di wajah, leher, dan juga pada bagian lengan atas, atau bisa juga ruam tersebut menyebar hingga ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri punggung. Virus ini memang tidak berefek langsung sangat berat layaknya penyakit demam berdarah, namun, virus ini dapat menyebabkan risiko gangguan terhadap janin pada wanita hamil. Virus telah dikaitkan dengan mikrosefali, yaitu kondisi pada bayi yang mempunyai kepala kecil akibat perkembangan otak embrio yang tertanggu dan tidak lengkap.

Tapi apakah benar bahwa virus Zika ini rentan menyebar di Indonesia? Menurut kutipan dari website cnnindonesia.com, karena letak geografi negara Indonesia berada di daerah tropis maka halini membuat Indonesia menjadi salah satu daerah yang rentan terhadap penyebaran virus zika ini. Hal itu disebabkan karena media yang menjadi perantara dalam proses penyebaran virus ini (Aedes aegypti) penyebarannya sudah luas di daerah tropis.

Kita sangat mengharapkan Departemen Kesehatan di negara kita, bisa terus mengumpulkan data-data yang lengkap mengenai virus ini agar publik bisa mendapatkan semua informasi tentang virus ini secara lebih rinci. Semoga juga akan segera di temukan vaksin untuk virus ini agar upaya pencegahan penyebaran virus ini dapat berjalan dengan optimal.
.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.