9 Januari 2016

Iklan Produk Pemutih Kulit Yang Menciptakan Badai Kritik

[Iklan Sponsor oleh Google]
iklan_pemutih_kulit
Salah satu perusahaan kosmetik kecantikan untuk memutihkan kulit wajah dan tubuh dari negara Thailand "Seoul Secret" baru-baru ini telah menarik peredaran periklanan untuk produknya
yang bernama SNOWZ. Namun iklan tersebut bermasalah bukan karena pelanggaran penggunaan produk seperti misalnya kosmetik berbahaya karena mengandung bahan kimia. Akan tetapi ini terjadi dikarenakan banyaknya kritikan terutama dari dunia maya yang mengecam video iklan yang menggangu kenyamanan tersebut karena mengandung unsur rasisme. Slogan yang dinilai bersifat rasisme dalam promosi tersebut yaitu "Just being white, you will win" hanya dengan menjadi putih kamu akan menang.

Dalam video yang diperagakan oleh dua orang model perempuan yang memang artis di negara tersebut menggambarkan ekspresi satu muka tersenyum, dan yang satunya lagi menjadi murung dan sedih raut mukanya seiring perubahan warna kulit putih yang berubah menjadi hitam gelap. Bahkan ada seorang profesor dari Thailand yang bernama Yukti Mukdawijitra, Universitas Sosiologi dan Antropologi Thammasat mengatakan kepada CNN, bahwa makna pesan di iklan tersebut bisa berpotensi menyuburkan diskriminasi ras dan mendukung diskriminasi bahwa orang yang mempunyai warna kulit lebih putih dinilai lebih memiliki status dan hak istimewa dari yang berwarna gelap dalam kehidupan masyarakat multi etnis di Thailand itu.

Oleh karena perstiwa itu perusahaan Seoul Secret pada jumat tanggal 8 januari 2016 menarik semua peredaran video iklan terutama di dunia maya dan mengeluarkan pernyataan permohonan maaf. "(We) would like to apologize for the mistake and claim full responsibility for this incident. Our company did not have any intention to convey discriminatory or racist messages," "(Kami) ingin meminta maaf atas kesalahan dan menyatakan bertanggung jawab penuh atas insiden ini. Perusahaan kami tidak memiliki niat untuk menyampaikan pesan yang bersifat diskriminatif atau rasisme,"

Untung saja itu hanya terjadi di Thailand saja, coba kalau di Indonesia pasti akan jadi heboh dan menggemparkan dunia maya juga tuh. Memang sudah seharusnya hal-hal yang berpotensi mengarah kepada diskriminasi antar ras, suku, dan warna kulit jangan sampai di biarkan demi selalu terjaganya perdamaian dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat di dalam suatu negara. Kulit putih memang menarik, tapi hitam juga terlihat manis :)

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.