10 Desember 2015

Teknik Mengecat Tembok Rumah Yang Baik

[Iklan Sponsor oleh Google]
tehnik_cat_dinding
Pengin tahu teknik cara mengecat tembok kamar atau tembok luar rumah minimalis sendiri? Jika ini anda lakukan maka anda tidak perlu membayar tukang mengingat untuk membayar harga harian tukang cat sekarang berkisar antara 70rb - 100rb dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Yuk baca artikel singkat berikut. Sepintas mengecat tembok memang nampak mudah untuk dilakukan,
namun jika itu dilakukan oleh orang yang belum memahami tekniknya dengan benar maka hasilnyapun akan tidak maksimal.

Baca juga:



Dan biasanya hasilnya akan kelihatan tidak rapi, warna yang tidak menutup dengan sempurna karena tidak ratanya saat menggunakan kuas ataupun menggelindingkan roll atau tembok nampak begitu kasar dan tidak halus seperti kulit jeruk karena campuran cat dengan air yang masih terlalu kental atau bisa juga dari jenis roll yang digunakan. Berikut ini adalah tips singkat yang mungkin bermanfaat bagi anda:

Mengecat tembok baru kamar


Untuk mengecat tembok baru minimal alat yang diperlukan diantaranya: roll, kuas, plamir instant, amplas halus, scrap gagang satu scrap tanpa gagang satu. Kegunaan scrap ini adalah untuk membersihkan tembok dari kotoran-kotoran yang menempel seperti semen kering, bekas adukan dll.

Langkah pertama adalah: bersihkan tembok dengan scrap dari kotoran-kotoran serta amplas semua permukaan dinding tembok agar halus (pastikan tembok sudah benar-benar kering).

Langkah kedua: Siapkan cat dasar alkali resesting interior (untuk merk dan harga sesuaikan dengan budget anda) lalu catkan ketembok sampai merata. Fungsi dari cat dasar ini adalah sebagai perekat agar cat nantinya bisa menempel lebih erat dan tahan lama, meningkatkan daya tutup warna cat serta mematikan pertumbuhan lumut dan jamur yang membuat cat cepat mengelupas atau terkadang timbul flek. Setelah selesai tunggu hingga kering sekitar 1-2 jam.

Langkah ketiga: Siapkan plamir instant, sebenarnya plamir ini bisa kita buat dari berbagai macam bahan namun biar lebih gampang beli saja plamir intant siap pakai yang banyak dijual di toko-toko bangunan. Cari bagian tembok yang retak lalu tutuplah dengan plamir menggunakan scrap. Untuk yang belum bisa melakukan ini pasti nanti hasilnya tidak akan rapi, jadi setelah kering nanti gosok saja dengan amplas halus untuk merapikanya.

Langkah keempat: Setelah semua bagian yang sudah di plamir kering dan sudah di amplas maka kini saatnya mengecat dengan warna cat yang sesungguhnya dengan menggunakan roll ke semua bagian tembok. Untuk kombinasi warna cat silahkan tentukan sendiri sesuai selera anda, mungkin anda bisa mencontoh pada warna-warna cat rumah minimalis. Lalu sambil menunggu kering untuk pengecatan lapisan berikutnya anda bisa mengecat menggunakan kuas pada bagian sudut-sudut tembok yang tidak bisa dijangkau dengan roll. Untuk mempercepat penutupan warna dalam sekali pengecatan gunakan cat dengan campurang air yang lebih kental dari yang anda gunakan untuk mengecat dengan roll tadi.

Langkah kelima: Setelah tembok kering ulangi pengecatan dengan roll lagi hingga benar-benar warna menutup dengan sempurna tanpa belang. Untuk warna-warna yang gelap umumnya dua kali sudah menutup dengan sempurna, namun untuk warna-warna yang agak cerah dan terang bisa hingga 2-4 lapis baru bisa menutup sempurna.

Demikian tips singkat mengenai teknik cara mengecat tembok baru dirumah sendiri pakai roll dan kuas. Semoga bermanfaat, jika ada yang mau anda tanyakan silahkan tulis komentar. Terima kasih telah berkunjung.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.