13 Desember 2015

Pilih Pisang Ambon Lumut Atau Ambon Kuning?

[Iklan Sponsor oleh Google]
pisang_ambon
Bagi anda yang suka makan pisang, tentu sudah tahu tentang betapa besarnya manfaat buah pisang untuk kesehatan. Kali ini saya akan menulis artikel singkat mengenai pisang ambon kuning dan pisang ambon lumut. Jenis pisang yang satu ini merupakan jenis yang populer
di masyarakat selain cavendish dan pisang raja. Jenis tanaman pisang ambon yang sangat terkenal adalah jenis lumut dan juga kuning. Kenapa di sebut ambon lumut? mungkin itu dikarenakan karena warnanya yang ijo (hijau) mirip sekali dengan lumut. Dan diikalangan masyarakat jenis ini bisa untuk di goreng, dibikin kue, serta ada juga yang menggunakannya sebagai masker wajah untuk membuat kulit wajah menjadi lebih halus.

Lalu, apakah sebenarnya perbedaan antara ambon lumut dan ambon kuning lebih daripada sekedar warnanya..? Apakah dari segi harga juga berbeda jauh..?

Perbedaan yang paling menonjol dari keduanya adalah pertama rasanya. Rasa buah pisang ambon lumut lebih manis dan lebih legit dibandingkan ambon kuning. Sedangkan untuk harga terkadang masih lebih murah dari harga ambon kuning.

Perbedaan yang kedua adalah terletak pada aroma pisang tersebut. Pisang ambon lumut cenderung lebih harum atau wangi jika dibandingkan dengan ambon kuning.

Perbedaan selanjutnya terletak pada daging buahnya. Daging buah ambon lumut lebih kenyal jika dibandingkan dengan ambon kuning. Dan karena hal ini juga menyebabkan pisang ambon lumut jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan ambon kuning.

Selain itu juga batang tangkai pisang ambon lumut lebih kuat dibandingkan dengan ambon kuning. Jadi, ambon kuning lebih lebih cepat jatuh dari batang tangkainya (rontok/ambrol) dibandingkan dengan ambon lumut.

Dari pengalaman saya pribadi sewaktu saya di cirebon, jenis pisang asal daerah kuningan jawa barat adalah jenis buah pisang ambon lumut yang terbaik. Dan mungkin itu karena faktor dan lingkungan di daerah kuningan tersebut yang lebih subur dan sejuk. Meskipun pisang tersebut dengan ukuran yang lebih kecil asalkan sudah cukup umur untuk di tebang pasti rasanya tetap lebih manis dan legit jika dibandingkan dengan pisang ambon lumut asal daerah lampung pulau sumatra yang cenderung memiliki rasa agak asam dan memiliki warna yang lebih cerah.

Tapi jenis-jenis pisang yang banyak dijual di pasaran adalah yang berasal dari lampung. Kenapa ini terjadi? karena banyaknya pohon buah pisang yang ada di sana. Sedangkan hasil panen dari daerah kuningan hanya sedikit dan hanya cukup untuk di distribusikan kedaerah kuningan, cirebon dan sekitarnya, dan mungkin ada juga sedikit yang sampai ke jakarta. Sangat berbeda dengan hasil panen di daerah lampung yang melimpah ruah yang bisa dikirimkan ke pulau jawa berton-ton dengan truk untuk setiap bulanya.

Demikian artikel singkat mengenai perbedaan antara pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Terima kasih telah menbaca.

.


Artikel terkait:

2 komentar:

  1. kalau di lihat dari bibitnya bedanya gemana bos.apa dari batangnya dsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moho maaf Pak Ahmad, kalau untuk ciri fisik pohon saya kurang paham, saya hanya paham pada buah pisangnya saja. :)

      Hapus

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.