22 Desember 2015

Membuat Komputer Kebal Virus Tanpa Anti Virus

[Iklan Sponsor oleh Google]
virus_komputer
komputer kebal virus
Apakah anda pengguna Windows? sering merasa bosan dan kesal karena virus padahal sudah download antivirus protection avg dan smadav yang sangat populer? Yuk baca sebentar artikel berikut ini.
Sesuatu yang ditakutkan pada komputer kita baik notebook/laptop ataupun pc/desktop adalah virus, spyware, adware, dan varian-varian malware yang lainya. Karena jika ini menjangkiti ke sistem operasi pada komputer bisa berdampak menganggu (jika model virus iseng dan lucu-lucuan), akan tetapi bisa juga berbahaya merugikan kita. Kenapa bisa berdampak merugikan? karena diantara sekian banyaknya jenis dari virus dan spyware bisa mengambil dan mencuri data-data penting yang tersimpan di dalam hard drive komputer kita.

Jika komputer tersebut tidak pernah digunakan untuk melakukan transaksi-transaksi online mungkin tidak mengapa, tapi jika ternyata komputer tersebut sering digunakan untuk bertransaksi di rekening online maka ini sangat beresiko kita akan mengalami kerugian ketika kebetulan malware yang menjangkiti berisi program jahat yang bisa mencuri data-data pribadi transaksi keuangan kita. Dan hal seperti inilah sesuatu yang menakutkan itu.

Memang jika kita menggunakan sistem operasi micosoft windows asli dan bukan bajakan, windows rutin di update serta terinstall juga anti virus dan anti spyware, maka kita tidak usah khawatir mengenai hal ini. Karena dengan rutin update windows ini menjadikan sistem imun lebih baik  dan komputer akan menjadi kebal serta anti virus pun bisa scan semua virus dengan lebih baik lagi. Namun bagaimanakah dengan pc rakitan atau laptop yang menggunakan windows bajakan di dalamnya? Tentunya akan sangat berbeda jauh, karena windows bajakan tidak bisa update. Memang ada beberapa trik agar yang bajakan bisa juga update, namun tetap saja tidak bisa update  sistemnya secara keseluruhan.

Nah, karena sebab itulah maka setiap komputer dengan windows non orisinil sangat lemah dan sangat mudah terjangkiti virus. Meskipun menggunakan anti virus yang bagus sekalipun tetap saja akan mudah di serang virus. Ibarat suatu rumah meskipun di jaga oleh TNI namun pagar pembatas rumahnya rapuh dan mudah runtuh maka tidak akan efektif. Beda halnya dengan rumah yang berbatas dengan pagar tembok yang kokoh dan kuat, tampa penjaga sekalipun akan susah di susupi pencuri.

Oh iya, seperti pada judul artikel ini "Cara Membuat Komputer Kebal Virus Tanpa Anti Virus" maka caranya adalah beralihlah ke Linux. Sudah tahukah anda tentang linux? Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Nah dari penjelasan ini berarti Linux adalah sistem operasi open source GRATIS tidak seperti windows yang berharga jutaan.

Meskipun sekarang banyak juga tersedia window asli original dengan harga ratusan ribu saja, akan tetapi tetap saja kebanyakan dari software-sotfwarenya berbayar. Mungkin sebagian dari anda akan mengatakan "kan banyak software berbayar yang bisa dapatkan secara gratis" ya memang bisa, tapi itu berarti kita menggunakan software bajakan/palsu dan illegal layaknya pencuri. Bagaimana tidak?!, si pembuat program cape-cape membuat software dengan berbagai bahasa pemograman eh kita malah membajaknya.

Berbeda jika kita menggunakan linux yang 100% free alias gratis, kita tidak perlu merasa bersalah ketika memakainya. Selain itu, seperti pada poin inti dari artikel ini yaitu linux adalah sistem operasi komputer yang kebal terhadap virus meskipun tanpa proteksi anti virus. Selain itu linux lebih stabil, lebih ringan dari pada windows. Hal ini akan sangat terasa sekali perbedaannya ketika pertama kalinya anda migrasi dari windows ke linux, apalagi apabila komputer anda menggunakan spesifikasi hardware yang kurang mumpuni. Mungkin windows sering hang, buka-buka program lama, sering error karena debug, dll. Tapi ketika anda menggunakan linux hal ini jarang sekali akan anda alami lagi.

Untuk anda yang baru pertama kali hendak mencoba linux, saya sarankan agar menggunakan linux distro Zorin OS. Kenapa Zorin OS..? karena menurut saya tampilan user interfacenya paling familiar dengan windows jika dibandingkan dengan linux distro-distro yang lainya. Silahkan klik disini untuk mengunjungi official website dan mempelajarinya. Yang jelas bagi anda pengguna windows non asli lebih baik bermigrasi ke linux agar hati menjadi lebih tenang. Atau dengan kata lain jika anda menggunakan linux maka "Online Aman Hatipun Tenang Dan Senang" Online anda akan aman tanpa perlu khawatir dengan virus dan spyware, hati tenang karena menggunakan OS yang halal dan bukan palsu atau bajakan, senang karena linux itu gratisan.. :D

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.