27 Desember 2015

Suka Membuat Komik? Ikutan Aja Webtoon Challenge 2016

[Iklan Sponsor oleh Google]
membuat_komik
Line Webtoon Challenge
Beberapa bulan yang lalu penyedia layanan cerita dalam gambar kartun atau komik online gratis webtoon ini sudah mengadakan sebuah ajang buat para pembuat komik yang ada di seluruh Indonesia untuk
bergabung dan mengikuti kontes ini. Tidak tanggung-tanggung memang, hadiah yang disediakan pada kontes ini berjumlah total 170 juta rupiah. Dan periode ini di mulai pada tanggal 15 september sampai dengan tanggal 15 oktober 2015. Namun hingga menjelang tahun baru 2016, webtoon masih membuka line webtoon challenge bagi siapa saja yang mampu membuat dan menggambar komik karya mereka sendiri. Baca juga: komik one piece bahasa indonesia.

Tentu saja ini merupakan kesempatan baik bagi mereka yang bersemangat membuat karya dalam bentuk komik digital. Karena dengan mengirimkan karya ke line webtoon, komik mereka akan di muat dan di publish agar dapat dibaca oleh semua pecinta-pecinta komik di indonesia bahkan di seluruh dunia dengan mudah. Karena semua komik-komik yang tersedia di line webtoon bisa di lihat dan dibaca menggunakan komputer/pc, tablet, dan  hp android.

Nah, ini juga bisa membuat komik  kamu menjadi terkenal. Ketika kamu mengunggah hasil dari karya kamu sendiri, dan kemudian webtoon menerbitkan komik tersebut, maka hak cipta adalah tetap menjadi milik kamu dan bukan milik line webtoon. Jika kebetulan kamu adalah seorang yang memang senang dan mampu membuat komik berikut beberapa persyaratan untuk bergabung:

- Yang pertama usia kamu minimal harus 14 tahun.

- Tema komik yang bisa kamu buat bisa apa saja (bebas) asalkan tidak mengandung SARA, pornografi, dan hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan dengan hukum yang berlaku.
- Pastikan juga bahwa kamu telah memiliki akun LINE jika ingin bergabung pada ajang ini. 

- Ketika karya komik kamu telah selesai kamu buat dan ingin mengunggahnya ke line webtoon. Kamu harus mengunggahnya via komputer atau PC dan tidak bisa melalui tablet ataupun hp.

- Untuk file yang diunggah, pada setiap episode harus dipotong-potong (slice) menjadi beberapa file dalam format jpg berukuran lebar 700 px dan panjang maksimal 1000 px. Ukuran maksimal adalah 2 MB dan disarankan agar pada saat kamu menyimpan file tersebut pada pilihanya kamu pilih Save For Web ==> JPG ==> quality 50% agar proses loading menjadi lebih ringan dan tidak lama.

Jadi, buat kamu yang memang gemar dan sudah terbiasa dalam menggambar sketsa manga atau kartun anime dan komik, ajang ini tepat apabila kamu ikuti. Untuk informasi yang lebih detail silahkan klik disini untuk meluncur dan mengunjunginya langsung.

.


Artikel terkait:

35 komentar:

  1. maaf saya baru selesai membuat komik namun komik saya masih dalam bentuk paper dan maaf saya juga belum bisa mengunakan leptop berupa aplikasinya jadi bagaimana caraya saya menerbitkan komik saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi maksudnya komik kamu belum jadi dalam format digital ya..?

      Berikut ini adalah beberapa prosedur yang harus di ikuti jika bergabung di Webtoon Challenge.

      1. Untuk mengunggah komik, hanya dapat dilakukan melalui komputer (pc/laptop/notebook)saja.

      2. Setiap episode harus di potong-potong (slice) menjadi beberapa file format JPG yang berukuran lebar 700 px dan panjang maksimal 1000 px dengan ukuran maksimal file 2MB. Dan ini sangat disarankan ketika kamu menyimpan file gunakanlah pilihan Save for Web, JPG, quality 50% agar proses loadingnya menjadi cepat.

      Jadi komik kamu harus dalam bentuk digital dan cara membuatnya dari aplikasi di komputer. Jika kamu belum mempunyai komputer,kamu bisa mengerjakanya di warnet.

      Kamu sudah bisa membuat komik dikertas itu membuktikan bahwa kamu memang mempunyai bakat, kalau kamu belajar menggambar dengan aplikasi di komputer mungkin kamu juga akan cepat bisa. :)

      Hapus
    2. Kamu buka tulisan "klik disini" diatas tadi,lalu klik di kanan atas karena itu tulisan "TERBITKAN"

      Hapus
  2. Saya mau coba dafftar ke webtoon
    tapi komiknya harus Udah full 1 season / bisa satu episode/1 episode.?

    Kalo bisa saya minta id line Yg Punya ini blog biar ngobrolnya nyaman!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa gan, silahkan coba daftarkan langsung aja gan sambil cantumkan alamat email agan biar ntar bisa dihubungi oleh tim webtoon challenge. Atau sebelumnya agan bisa menghubungi alamat email ini: dl_webtoonbiz@navercorp.com jika ingin menanyakanya ke tim webtoon challenge langsung.

      Hapus
  3. Cara buat komik di komputer gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti corel draw, manga studio,sketchbook pro, adobe photoshop cc, comic creator, pixton,dll. Silahkan cari aja di google untuk mengetahui fungsi dari software-software tersebut.

      Hapus
  4. Maaf bro ane numpang nanya, kan itu bukannya webtoon challange 2015 ya?
    kalo kita ngepost komik kita sekarang emang masih bisa ikutan challangenya? atau hanya sekedar untuk ngepost karya saja ? maaf ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa gan, silahkan agan cek langsung aja di websitenya.

      Hapus
  5. Halo... mau nanya ka. Saya baru banget tau webtoon. Kebanyakan saya lihat gambar2 nya digital semua. Apakah ketentuan webtoon itu harus gambar digital atau gambar tradisional boleh asal pengiriman berkasnya dalam bentuk digital? Apakah harus full digital? Misalnya gambarnya manual lalu discaner dan diwarna di komputer. Bolehkah mengupload manga di webtoon?
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Maria Ancella.. :) cara seperti itu diperbolehkan oleh Tim Webtoon Challenge dengan catatan tetap memperhatikan pada kualitas gambarnya. Silahkan gambar di bikin manual di kertas lalu di scan dan di edit atau diwarnai dengan aplikasi image editor atau manipulasi di komputer.

      Hapus
  6. mas bro, boleh minta saran gk, biasanya komikus komikus yg kalo buat komik kan lebih efisien pakai pen tablet.. nah kira kira mas bro ada recomended gk, kira kira pen tablet merk apa yg biasa dipakai komikus" klo lgi bkin komik? dn klo ada, harganya sekitaran brapa ya kira kira? hihihii thx mas broo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk rekomendasi merk pen tablet yang bagus saya kurang tahu gan, tapi kalau untuk kisaran harga pen tablet yang udah bisa dipakai untuk membuat dan menggambar komik kisaran 500rb - 1jutaan juga udah dapet gan.:)

      Hapus
  7. Kak saya kurang ngerti, itu bikin gambarnya harus di gambar dlu atau langsung kita bikin di leptop pakai aplikasi yang kakak kasih tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kamu gambar dulu manual di kertas lalu di edit di komputer, atau bisa juga langsung di gambar dari awal di komputer langsung.

      Hapus
  8. ohh seperti itu, oia kalau kita make pen tablet. nama software yg dipake biar terhubung di laptop atau pc, bagusnya pakai aplikasi apa ya gan?? potosop? ilustrator? corel? atau ada aplikasi khusus buat pen tablet? maaf gan kalo kudet hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi editingnya terserah agan aja, ya paling agan kuasai yang mana. Bisa adobe photoshop, adobe ilustrator, corel paint, atau gimp yang gratisan :D Pen tablet hanya sebagai pengganti mouse biar lebih mudah menggambarnya.

      Hapus
    2. Mas saya mau nanya, kalo umur udah 20-22 Maasih boleh ikutan line webtoon challenge nggak, makasih

      Hapus
    3. Boleh banget! yang penting umur udah lebih dari 14 tahun. :)

      Hapus
  9. Makasih mas, pemberitahuanya

    BalasHapus
  10. kak, cara masukin bubble text beserta text di webtoon gimana sih? sudah buat dan ingin upload tapi mengerti..bisa ajarin step-stepnya? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu bikin komik pakai aplikasi apaan..?

      Hapus
  11. mau tanya nih min, sebenrnya kalo mau upload komik di webtoon harus pas ada webtoon challenge apa enggak min? apa bebas kapan aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu bisa upload kapan aja.. :)

      Hapus
  12. Ini kompetesi nya udh beres min? Apa masih dlm proses? ? Trus pengumuman pemenang nya kapan min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Webtoon Challenge Indonesia sampai sekarang masih membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menampilkan karya komik buatan sendiri. Cek disini gan http://www.webtoons.com/challenge/publish sebelumnya masuk dulu dengan akun Line ya.. :)

      Hapus
  13. Umur saya 11 tahun boleh diwakili tidak oleh ortu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengguna webtoon yang berusia kurang dari 14 tahun boleh diwakili, dengan catatan wali tersebut harus menghubungi pihak webtoom terlebih dulu.

      Hapus
  14. saya mau nanya, kok saya ngga bisa publish komik saya di line webtoon y, dr kamrin disuruh cek alamat email trus, padahal alamat email saya sudah benar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin maksudnya cek email untuk melakukan verifikasi, coba agan buka emailnya terus klik link yang meminta untuk verifikasi.

      Hapus
    2. Kalo ortu tidak setuju bagai mana .tolong saran nya

      Hapus
    3. Yakinkan aja sama kamu pelan-pelan biar orang tua kamu setuju kamu daftar Webtoon Challenge.

      Dan sebagai solusi terakhir, kamu minta saudara kamu yang sudah cukup umur untuk mendaftarkan kamu.

      Hapus
  15. halo kak, maaf mengganggu, bagaimana ya kak maksudnya yang file komik disimpan format PSD dengan layer yang dirapihkan untuk mempermudah apabila sewaktu-waktu ada editan dari pihak webtoon. dan kalau bikin komiknya di paint tool SAI apakah tidak perlu disimpan dengan bentuk format PSD?
    mohon jawabannya ya kak. terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu simpan semua filenya ke format JPG aja. Terus jika di aplikasi Paint Tool tersebut pada menu export filenya ada pilihan save for web dengan quality 50% itu lebih bagus, agar meringkas file dan mempercepat loadingnya nanti.

      Atau kamu bisa menanyakannya langsung ke alamat email ini: dl_webtoonbiz@navercorp.com

      Hapus

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.