30 Desember 2015

Gambar Capung Lucu Membuatku Rindu Masa Kecil Dulu

[Iklan Sponsor oleh Google]
capung_air
gambar capung 
Siapa saja yang tinggal di daerah pedesaan pasti tidak akan asing lagi dengan yang namanya capung. Hewan yang memiliki nama latin Orthetrum sabina adalah sejenis serangga kecil yang mempunyai ciri ciri tubuh ramping memanjang
yang bisa terbang seperti kupu kupu  namun bisa melesat dengan cepat dan terbang tinggi. Tak seperti pada metamorfosis kupu kupu cantik yang sering kita temukan karena kepongpong dan larva yang terlihat dan ter gantung di ranting pohon, metamorfosis capung  ini lebih jarang dan susah untuk di temukan.

Berikut beberapa penggalan artikel yang bersumber dari wikipedia mengenai hewan ini. Capung atau sibar-sibar dan Capung Jarum adalah kelompok serangga yang tergolong ke dalam bangsa Odonata. Kedua macam serangga ini jarang berada jauh-jauh dari air, tempat mereka bertelur dan menghabiskan masa pra-dewasa anak-anaknya. Namanya dalam bahasa daerah adalah papatong (sunda.), kinjeng (jawa), coblang, dan kasasiur.

Capung (subordo Anisoptera) relatif mudah dibedakan dari capung jarum (subordo Zygoptera). Capung umumnya bertubuh relatif besar dan hinggap dengan sayap terbuka atau terbentang ke samping. Sedangkan capung jarum umumnya bertubuh kecil dan selalu tinggal diatas permukaan air (meskipun ada beberapa jenis yang agak besar), memiliki abdomen yang kurus ramping mirip jarum, dan hinggap dengan sayap-sayap tertutup, tegak menyatu di atas punggungnya.

Tapi kini waktu telah mengubah semua itu populasi capung kini susah di temukan lagi, meskipun itu di daerah desa sekalipun. Kini tak ada lagi capung masuk rumah. Dulu padahal ketika saya pergi kesawah pasti selalu menjumpai hewan predator ini. Jenis dan habitat hewan ini memang beraneka ragam dari yang memiliki bentuk tubuh yang paling kecil yang biasa disebut capung jarum, hingga dengan yang memiliki bentuk tubuh yang besar yang biasanya memakan capung lain dengan bentuk tubuh yang lebih kecil. Serta ada juga jenis yang mempunyai warna merah, kuning, biru dan hijau yang sangat bagus terbang pelan, namun populasinya sangat sedikit.

Tapi untuk sekarang ini, capung sudah sangat jarang terlihat lagi. Meski itu di daerah pedesaan sekalipun. Tak seperti dulu yang begitu mudahnya akan dapat kita temukan, disaat pagi, siang dan juga menjelang sore hari yaitu jenis capung yang besar yang biasanya makan nyamuk atau apa saja yang sejenisnya yang mempunyai bentuk seperti nyamuk. Untuk melihat kumpulan gambarnya silahkan klik disini.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.