23 Desember 2015

Daun Pisang Membuat Makanan Lebih Lezat

[Iklan Sponsor oleh Google]
nasi_daun_pisang
gambar daun pisang :
pokok-pokok-pisang.blogspot.com
Kemarin saya sudah menulis tentang manfaat buah pisang, nah sekarang saya akan menulis sesuatu yang masih ada kaitanya yaitu manfaat daun pisang. Sudah pernahkan anda memakan makanan yang beralaskan dengan daun pisang..? bagaimanakah rasanya..?
pasti akan terasa lebih enak dan lezat. Bagi orang yang tinggal di daerah pedesaan pasti tidak asing lagi dengan yang namanya daun pisang, kecuali bagi orang yang tinggal di daerah perkotaan dengan bangunan yang begitu berjubel dan rapat, pasti jarang menemukannya karena tidak adanya orang yang berkebun dan menanam tanaman pisang.

Daun pisang memang banyak sekali manfaat dan kegunaanya. Selain dijadikan sebagai alas ketika makan, bisa juga untuk pembungkus berbagai macam kue dan menu masakan yang menggunakan cara memasak dengan di kukus. Diantara yang paling populer adalah: sebagai pembungkus untuk membuat pepes ikan, pepes tahu, pepes ikan teri dll. Selain itu bisa juga digunakan sebagai pengganti payung disaat hujan seperti pada lagu dangdut memori daun pisang mp3 yang ngetren ketika saya masih kecil dulu.

Sementara itu jenis tanaman yang dikenal berkualitas daunya paling baik sebagai pembungkus adalah daun pisang klutuk. Disamping jenis-jenis daun pisang yang lainnya juga masih tetap bisa untuk digunakan seperti pisang ambon, pisang raja, dll, akan tetapi daun dari tanaman pisang klutuk lah yang terbaik. Meskipun buah pisangnya tidak banyak di konsumsi karena banyaknya biji yang terkandung di dalam buahnya, namun daunya sangat berguna dan bermanfaat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat memakan makanan yang beralaskan daun pisang yang saya kutip dari indiatimes.com.

1. Lebih Sehat.

Karena daun pisang yang dikemas dengan senyawa nabati disebut polifenol seperti epigallocatechin gallate, atau EGCG, yang juga ditemukan dalam kandungan teh hijau. Polifenol merupakan antioksidan alami yang memerangi radikal bebas untuk mencegah penyakit. Sementara daun pisang tidak mudah dicerna jika dimakan langsung, makanan menyerap polifenol dari daun, sehingga kita akan mendapatkan manfaat dari nutrisi tersebut.

Hal ini juga percaya bahwa daun pisang memiliki sifat anti bakteri yang membunuh semua kuman dalam makanan, sehingga mengurangi resiko sakit yang disebabkan dari bakteri yang mungkin ada dalam makan tersebut.

2. Makanan Terasa Lebih Enak Dan Lezat.

Daun pisang memiliki lapisan lilin yang memiliki rasa halus yang agak sedikit berbeda. Ketika makanan panas ditempatkan pada daun, lilin mencair dan akan menjadikan berpindahnya rasa ke makanan tersebut, sehingga rasa akan terasa lebih enak.

3. Lebih Ramah Lingkungan.

Kebanyakan orang menggunakan plastik atau piring styrofoam yang tidak ramah lingkungan karena susah untuk terurai oleh alam, akan tetapi daun pisang adalah sesuatu yang sangan mudah diurai alam yang menjadikan jauh lebih ramah lingkungan dari itu, karena bisa membusuk dalam waktu yang sangat singkat, tidak seperti plastik, yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai.

4. Lebih Higienis.

Daun pisang tidak memerlukan banyak pembersihan - mereka hanya perlu dibilas dengan sedikit air atau di lap dengan lap yang bersih dan bisa langsung digunakan. Tidak seperti apabila menggunakan piring yang terkadang malah belum tentu benar cara pencucianya.

5. Bebas Kimia.

Pada saat anda mencuci piring yang biasa anda pergunakan untuk makan, maka bekas bahan kimia dalam sabun tersebut masih tetap di piring meskipun dalam junlah kecil dan akan mengkontaminasi makanan dipiring tersebut. Sedangkan daun pisang hanya perlu dibilas dengan sedikit air atau di lap dengan lap steril saja dan tidak perlu dicuci dengan sabun, sehingga makanan anda akan terbebas dari kandungan bahan-bahan kimia apapun.

6. Lebih Praktis.


Ukuran daun besar bisa sampai berukuran besar sehingga mampu sebagai alas dari berbagai makanan yang  berbeda dan terdiri dari beberapa macam. Selain itu daunnya juga tahan air, berkat kandungan lapis lilin alami, sehingga tidak akan tembus jika dijadikan sebagai alas makanan yang mengandung saus dan kuah selama tetap memastikan daun tersebut tidak robek.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.