10 Desember 2015

Dampak Buah Pisang Karbitan

[Iklan Sponsor oleh Google]
pisang_karbitan

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berwarna kulit kuning dari tanaman yang banyak sekali mengandung khasiat, manfat dan kegunaan. Buahnya yang sudah matang
bisa langsung kita makan, bisa kita jadikan bahan resep tambahan untuk kue seperti dari jenis pisang ambon, atau bisa juga dibikin pisang goreng yang enak seperti pada jenis pisang raja dan kepok.

Bahkan ada beberapa orang juga yang masak jantung pisang oseng pedas. Selain itu juga buah yang sangat disukai oleh perimata ini mudah sekali kita dapatkan. Di pasar tradisional ataupun di pasar-pasar moderen seperti swalayan. Pisang yang hendak kita konsumsi harus yang sudah benar-benar masak atau matang agar nyaman di lambung karena kadar getahnya sudah benar-benar hilang. Lalu tahukah anda bagaimana para pedagang pisang mematangkan pisang-pisang yang hendak mereka jual? Apakah mereka membiarkan matang di pohon dengan sendirinya, atau mematangkanya dengan karbit (kalsium karbida)? Apakah dampak mengkonsumsi buah pisang yang di karbit..?

Berdasarkan data kesehatan dari berbagai sumber dampak berbahaya dari memakan pisang yang ada kandungan karbit didalamnya memang belum ada bukti yang benar-benar hasil dari penelitian ilmiah, semuanya hanya baru dari perkiraan dan dugaan saja. Selain itu juga proses tersebut ternya tidak juga mempengaruhi kandungan gizi pisang tersebut.  Menurut pengalaman saya pribadi sewaktu membantu saudara saya yang berada di kota cirebon (pasar kali tanjung) jualan pisang, para pedagang-pedagang disana memang biasa menggunakan karbit untuk mematangkan buah-buahanya. Meski demikian terkadang ada juga pisang yang dibiarkan matang dengan sendirinya karena sudah benar-benar tua ketika di tebang dari pohonya hanya saja memang ini sangatlah jarang terjadi.

Alasan para pedagang mematangkan buah pisang mereka dengan karbit adalah untuk mempercepat prosesnya. Bahkan untuk pisang yang belum cukup tua sekalipun akan tetap matang jika menggunakan uap karbit dalam wadah tertutup meskipun rasanya akan terasa sangat hambar dan tidak manis serta warna kulit yang pucat dan tidak cerah. Selain itu juga, memang pisang yang dimatangkan dengan karbit akan menjadi lebih cepat lembek dan busuk apabila kita bandingkan dengan buah yang matang secara alami atau dengan sendirinya.

Demikian beberapa tulisan singkat tentang dampak dan manfaat buah pisang hasil karbitan. Karena tidak bisa kita pungkiri bahwa sebagian pisang-pisang yang dijual dipasaran adalah matang dari hasil pematangan dengan penguapan karbit dan bukan hasil dari matang alami di pohon. Terima kasih telah membaca.


.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.