31 Desember 2015

Tertarik Dengan Budidaya Ternak Kroto?

[Iklan Sponsor oleh Google]
semut_rangrang
gambar semut kroto
Apakah anda ingin mencoba cara ternak kroto tradisional rumahan tanpa ratu dan bisa anda lakukan di tempat dan lahan yang pas-pasan? Yuk baca sejenak artikel berikut ini. Kroto adalah telur yang dihasilkan oleh semut terutama jenis semut rangrang
yang mempunyai ciri ciri berwarna merah dan bukan dari semut semut kecil yang biasa mendekati gula. Untuk bentuknya sebenarnya menyerupai bentuk nasi hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil. Dan ini merupakan salah satu makanan burung yang sangat diminati oleh para pecinta burung peliharaan terutama burung ocean. Karena dipercaya bahwa kroto dapat membuat burung menjadi tetap sehat dan rajin bernyanyi (berkicau).

Diantara nama burung ocean yang sedang populer hingga kini diatanranya adalah burung murai batu, burung kenari, burung cendet, burung kacer, burung pleci, burung cucak ijo, dll karena dari jenis tersebutlah yang memiliki suara merdu. Selain kroto ada juga budidaya jangkrik untuk pakan beberapa jenis burung. Sebelum diketahuinya cara budidaya dan ternak semut kroto seperti sekarang ini, dulu semua kroto yang di jual dan tersedia di pasaran dan toko-toko pakan burung adalah hasil dari memanennya di alam bebas. Jadi, memang ada orang yang pekerjaanya mencari kroto ke daerah-daerah yang masih banyak pepohonanya serta terdapat juga sarang-sarang semut rangrangnya juga.

Nah, dari rumah sarang semut rangrang tersebutlah mereka mendapatkan kroto dengan cara merusaknya dengan semacam alat menggunakan bambu panjang yang ditaruh juga semacam wadah kerucut yang dibalik dibawahnya agar pada saat sarangnya telah rusak, maka semua krotonya akan masuk ke wadah tersebut. Memang pekerjaan ini hanya dilakukan oleh orang-orang yang memang sudah terbiasa dan kuat menahan gigitan semut yang menyakitkan itu.

Sedangkan untuk saat ini telah banyak orang menekuni bisnis ini kemudian sukses dalam beternak budidaya semut kroto ini. Cara ini juga bisa dilakukan di tempat yang tidak terlalu besar. Dengan beberapa peralatan yang tidak mahal diantaranya bisa dengan bambu dan toples. Jadi cara ini juga tidak memerlukan modal yang cukup besar tidak seperti untuk memulai budidaya jamur misalnya yang harus menyiapkan modal yang lebih besar untuk membeli bibit bibitnya.

Bagi anda yang kebetulan tertarik dengan budidaya ternak kroto rumahan ini, anda bisa mempelajari dengan mudah dari rumah anda sendiri langsung. Silahkan tonton tutorial video berikut ini tentang bagaima cara beternak kroto dengan menggunakan peralatan sederhana dan juga tempat yang tidak terlalu besar. Klik disini untuk meluncur dan melihatnya langsung.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.