8 Oktober 2015

Cara Upgrade Android Lollipop Ke Marshmallow

[Iklan Sponsor oleh Google]
android_6_marshmallow
Kabar gembira, sekarang pengguna os android one yang sebelumnya masih versi 5 (lollipop) kini bisa mencicipi lezatnya rasa baru dari versi teranyar os smartphone buatan Google ini. Karena bisa mendapatkan upgrade ke android 6 marshmallow secara gratis dan bisa langsung dari
sistem update di perangkat masing-masing. Kebetulan saya juga baru saja mengupgrade android one saya (mito a10). Dan saya juga tidak tahu persis, apakah tambahan wallpaper pada upgrade versi terbaru pada MiTo Impact sama dengan keluarga Android One yang lainya seperti Evercoss One X dan juga Nexian Journey. Langsung melalui android system update di hp  seperti pada gambar disamping yang bertuliskan pemberitahuan sebagai berikut:

"This software update will upgrade your Android One to Android 6.0, Marshmallow, which delivers major improvements to the functionality and perfomance of your device. To find out more, visit https://www.android.com/versions/marshmallow-6-0/. Downloading updates over mobile network or while roaming may cause additional charges. Update size: 338.1 MB"

Yang artinya mungkin seperti ini: "Pembaruan perangkat lunak ini akan mengupgrade Android One anda ke Android 6.0, Marshmallow, yang memberikan perbaikan besar untuk fungsi dan kinerja pada perangkat anda. Untuk keterangan selengkapnya, silahkan kunjungi http://www.android.com/mashmallow. Mengunduh pembaruan melalui jaringan seluler atau saat roaming dapat menyebabkan biaya tambahan. Ukuran Update: 338,1 MB"

Dalam hal ini berarti Google ternyata tidak ingkar janji, karena seperti yang dijanjikan pada awal munculnya androidone yang pertama di Indonesia yang meliputi perangkat MiTo Impact A10, Evercoss One X, Nexian Journey akan menjamin mendapat pembaruan secara gratis selama dua tahun. Dan kinipun smartphone low-end android one telah merilis android one 2 dalam device Infinix Hot 2 dengan spesifikasi fitur dan hardware yang lebih wow dari pendahulunya Android One.
Ok, sekarang kita lanjutin lagi ketopik  semula yaitu upgrade Android 6 di hp Android One. Setelah tekan tombol download yang filenya berukuran sekitar 300'an MB dan tunggu sampai proses downloadnya selesai hingga ada dialog tombol restart dan install update. Nah dalam proses ini kita diharuskan menunggu beberapa menit karena selama proses ini berlangsung di layar hp kita hanya terlihat animasi maskot robot android dan dibawahnya ada indikator proses instalasinya.

Setelah proses pada tahap ini selesai, maka akan ada satu tahap lagi proses penyesuaian pada aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah terpasang di hp kita. Lama dan cepatnya proses ini, tergantung pada banyaknya aplikasi yang sudah terpasang di hp Android anda. Tunggulah sampai selesai, karena disitu juga ada keterangan jumlah aplikasi yang akan diproses dan jumlah yang sudah diproses. Setelah tahap tadi selesai, berarti sekarang smartphone Android One anda sudah benar-benar menjadi Android dengan versi yang terbaru yaitu versi 6.0 Marshmallow.

Lalu apa sajakah perbedaan yang sangat terasa dan terlihat dari Android One v. 5 Lollipop ke Android v. 6 Marshmallow ini..? Beberapa perbedaan yang terlihat pada tampilannya sebagai berikut:

1. Perubahan Pada Tampilan Menu.

slide_up_down_menu_android_6
AndroidOne MiTo Impact
Seperti yang kita tahu pada Android versi 5 kebawah, disaat kita hendak mencari aplikasi yang sudah terpasang di hp kita, maka kita akan menggesernya dari kanan kekiri atau sebaliknya. Namun pada Android 6 ini kita sudah tidak bisa lagi menggesernya kekanan ataupu kekiri melainkan hanya kebawah dan keatas. Selain itu juga ada tambahan adanya kolom kotak pencarian tepat diatas ikon-ikon shortcut aplikasi dan ada juga tambahan App suggestions yang akan menampilkan satu baris aplikasi secara random atau acak tepat dibawah kotak pencarian tersebut.


2. Adanya Tambahan Wallpaper.

wallpaper_android_marshmallow
Pada paketan wallpaper bawaan pada MiTo Impact A10 yang berupa scenery hanya terdiri dari enam saja. Pada upgrade terbaru akan ada penambahan tiga lagi scenery wallpapernya.


3. Sistem Keamanan Yang Lebih di Utamakan.

android_security_patch_level
Sebenarnya pada versi sebelumnya, Jelly Bean, Kit Kat, dan Lollipop juga sistem keamananya sudah di sempurnakan oleh Google, hanya saja pada Android 6 ini sistem tersebut lebih diutamakan lagi. Dan ini terbukti dengan ditambahkannya Android Security Patch Level pada perangkat ini agar lebih kebal terhadap serangan malware dan berbagai varian virus android.

Demikian pengalaman pribadi saya yang sangat singkat tentang cara upgrade os android one ke marshmallow versi 6 android yang terbaru dari Google secara gratis langsung dari hp anda melalui android system update. Bagi anda yang kebetulan memiliki salah satu dari keluarga Android One yang pertama ataupun yang kedua, silahkan dicoba langsung agar bisa mencicipi lezatnya rasa baru dari Android ini. Jangan lupa baca juga update marshmallow hp asus zenfone dan juga smartphone android versi 7.0 lg v20. Terima kasih telah membaca.

.


Artikel terkait:

87 komentar:

  1. Nice info.
    Ukurannya besar ya min, 300mb lebih. Kalo punya saya (sama mito juga) ukurannya 400mb lebih, kenapa beda ya?
    Kira² lama gak pas proses diupgradenya?
    Tolong dijawab min, Terma kasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang membedakan ukuran filenya meskipun sama-sama hp mito impact a10 karena hp agan tadinya belum mendapatkan updatetan android one yang terakhir. Karena punya saya selalu saya update begitu ada notifasi tersedianya updatetan yang terbaru. Prosesnya ga lama gan, saya pake koneksi kartu 3 dalam kondisi sinyal "good" cuman sebentar doang. Yang aga lama hanya pada proses penyesuaian android 6 marshmallow ini dengan aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya. Semakin banyak aplikasi yang sudah terpasang, maka akan semakin lama prosesnya gan.

      Hapus
  2. Mito impact ku tidak bisa mengunduh versi teranyar marshmallow padahal sudah berkali" saya unduh dengan wifi kecepatan stabil tetap saja verivikasi gagal kenapa ya,tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hp mito agan sebelumnya sudah pernah di root atau belum..?

      Hapus
    2. Silahkan agan coba install update marsmallownya melalui recovery mode. Berikut panduan cara metode pembaruan android one dari Google https://support.google.com/android-one/answer/6086030?hl=id good luck!

      Hapus
  3. Untuk infinix hot 2 sudah bisa belum ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba agan lihat di menu system updates di hp agan langsung untuk melihat ketersediaan upgrade nya.

      Hapus
  4. Android One Evercross 444.mb gan
    Kira kira kalo counter update nya biayanya berapa yha ??
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, maksud agan biaya counter update gimana gan..? saya kurang memahami pertanyaanya. Tapi biar lebih gampang dan aman, quota data pada kartu seluler agan harus mencukupi untuk download updetan tersebut. Silahkan dipaketin atau membeli kartu perdana + quota data internet. Terima kasih :)

      Hapus
    2. apakah cara tersebut benar. saya takut jika tidak benar. malah membuat ponsel rusak (apa hanya modus belaka?)

      Hapus
    3. Benar dong gan, yang menyediakan update untuk hp android one adalah Google selaku yang punya os android :D

      Hapus
    4. Tidak mungkin lah hanya karena salah sim card yang berisi quota data internet, sebuah smartphone bisa rusak gan :D

      Hapus
  5. Kenapa ya di infinix hot 2 saya android nya ga bisa jadi versi marshmalow padahal udah update dua kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti proses download dan instalasi updetanya belum selesai gan. Ketika hendak memulai proses upgrade pastikan koneksi internetnya dalam kondisi stabil.

      Hapus
  6. Kalau update marshmellow infinix hot 2 apa harus pakai kartu telkomsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai kartu operator apa saja bisa gan, yang penting koneksi stabil (kondisi sinyal tidak naik-turun). Ketika upgrade dari os android 5.1 ke 6.0 saya malahan pakai kartu 3 (kondisi sinyal stabil) dan lancar hingga prosesnya selesai.

      Hapus
  7. Balasan
    1. Dari hp android agan buka Setelan==>Tentang Ponsel==>Pembaruan Sistem. Pastikan koneksi internet yang agan gunakan stabil, karena kalau tidak stabil kemungkinan besar proses download upgrade nya akan gagal.

      Hapus
  8. Kalo ada tampilan gini
    "Sistem anda sudah yang paling baru"

    Terus ada button
    Periksa apakah ada pembaharuan.
    Pas di klik gabisa buka.
    Kenapa itu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu berarti sistem android agan udah yang paling baru makanya menu di buttonnya juga ga bisa di klik lagi.

      Hapus
  9. mau nanya , Gimana cara mndapatkan os marshmallow Untuk xiaomi mi4i . cara up nya gimana
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Dari hp Xiaomi mi4i agan buka Setelan==>Tentang Ponsel==>Pembaruan Sistem. Jika ada keterangan tersedia untuk upgrade ke marshmallow berarti bisa gan, kalau tidak ada berarti tidak bisa gan. Karena Google tidak menyediakan upgrade untuk semua tipe dan model merk hp.

      Hapus
  10. Android ana 4.3 jellybean, ada pemberitahuan software update. Kalo ana update itu bertahap ke kitkat dulu atau langsung? Kira2 brp file sizenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak begitu yakin kalau dari os android jelly bean v. 4.3 bisa upgrade ke lollipop ataupun marshmallow, Bisa tolong sebutkan hp agan dan tipenya. :)

      Hapus
  11. gan saya gagal upgrade hanya muncul tampilan 4 roda berputar-putar, langkah selanjutnya bagaimana ya. Ada tips jitu untuk masalah ini. Atau saya harus ke infinix service centre. Kebetulan masih garansi bisa di upgrade free gak ya?

    Mohon infonya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu karena adanya file yang korup ketika download, coba ulangi sekali lagi tapi pastikan dengan koneksi internet yang stabil. :)

      Hapus
    2. gimana cara ngulanginnya gan ? rodanya terus berputar-putar, walaupun sudah tekan tombol off, dinyalain dia masih terus muncul logo seperti itu gan ? mohon bantuannya sekali lagi thanks ..

      Hapus
    3. Kasus yang agan alami sepertinya jarang terjadi, tapi jika itu terjadi coba agan kembalikan ke pengaturan pabrik aja.

      ikuti cara-cara sbb:

      Jika ponsel menyala, matikan.

      Tekan dan tahan tombol volume+Up dan tombol Daya secara bersamaan sampai perangkat menyala.

      Tekan tombol Kecilkan volume untuk memilih "Recovery mode." Jika Anda perlu menavigasi ke opsi "Recovery mode", gunakan tombol Keraskan volume untuk memindahkan tanda panah dan tombol Kecilkan volume untuk memilihnya.

      Anda akan melihat gambar robot Android dengan tanda seru merah dan kata "No command".
      Sambil menekan dan menahan tombol Daya, tekan tombol Keraskan volume, lalu lepaskan.

      Gunakan tombol volume untuk menggulir ke wipe data/factory reset dan tekan tombol Daya untuk memilihnya.

      Gulir ke bawah pada Yes - erase all user data dan tekan tombol Daya untuk memilihnya.

      Hapus
    4. gan, maaf nanya lagi, saya sudah lakukan menurut cara agan, namun ketika saya tekan volume kecilkan suara dia tidak muncul opsi yang agan katakan, namun dia hanya stuck di roda berwarna yang berputar- putar .. mohon bantuannya sekali gan, terima kasih banyak sebelumnya ..

      Hapus
    5. Aneh gan, seharusnya bisa. Setelah muncul icon robot android yang berbaring dengan tulisan "tidak ada perintah" terus agan tahan tombol power + volume+ keatas lalu akan muncul pilihan reset terus agan tekan tombol power. Kalau dengan cara ini tetep ga bisa, berarti sebaiknya bawa ke service center aja gan. :)

      Hapus
  12. Lama yah upgrade nya dari jam 11 siang sape jam 5 blm selesai juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, itu berarti ada yang tidak beres bro, seharusnya untuk download terus pemasangannya cuman beberapa menit aja. :)

      Hapus
  13. Bro kemarin hpku infinix hot 2 baru dapet upgrade Marshmallow sebelumnya lolipop prosesnya 3 jam blm selesai dan stak di gambar boot gt. Kira2 itu knp ya ? Apa proses downloadnya yg gagal ? Cara mengatasinya bgmn ? Mohon bantuannya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ulangi sekali lagi bro, tapi pastikan dengan koneksi internet yang stabil yah. Karena seharusnya prosesnya ga nyampe memakan wakktu berjam-jam.. tapi cuman beberapa menit doang :)

      Hapus
  14. mas andro saya lelet terus knapa ya? samsung galaxy V, ada aplikasi biar ga lelet ga ya?
    tolong post gan atau jawab lewat komentr juga ga apa. terimaksih atas tipsnya mas

    Kalau btuh info kesehatan sini aja ya mas http://goo.gl/PjASte

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Arif, mengingat hp Samsung Galaxy V masih menggunakan RAM 512 serta CPU yang belum Quad-core, jadi sebaiknya hapus aja aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak terlalu diperlukan untuk memperkecil pemakain RAM. Terima kasih atas kunjunganya dan juga info web tips kesehatanya.:)

      Hapus
  15. Mas, andro saya infinix hot 2, kmrn stelah diupgrade ke marshmallow kenapa internalnya berkurang dari 16gb mnjadi 12gb, trus jadi lelet banget, mohon infonya mas,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini aneh Mas.. memory internal banyak banget berkurangnya. Terus Infinix Hot 2 itukan mempunyai kapasitas RAM 2 GB seharusnya dengan upgrade ke marshmallow tidak akan mempengaruhi kinerja androidnya. Tapi kalau memang begitu di reset ke factory setting aja Mas.

      Hapus
  16. gan klo samsung galaxy core 2 bisa gak??? terima kasih

    BalasHapus
  17. Punya saya sma saja min udh upgrade beberapa kali tetep versi 5,1..
    Dan barusah di Upgrade hasilnya sama..
    Punya saya android one Nexian journey..
    Bekas Rooted juga tapi udh Unroot hasilnya sma juga min..
    Mohon bantuanya min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mungkin itu ga bisa karena akibat dari kondisi handphone yang sudah pernah di root gan. Coba agan cari dan download lalu install CUSTOM ROM sesuai dengan tipe hp agan untuk mengembalikan OS originalnya. Nah setelah itu baru coba untuk diupgrade lagi.:)

      Hapus
  18. Klw di vivo gmna cranya...
    Downloadnya koq gk bisa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa gan. Karena untuk versi os pada beberapa seri hp vivo x3s, xshot, y22, y15, dan xplay3s masih menggunakan android v.4.. Jelly Bean dengan balutan tampilan antar muka atau UI Funtouch OS. Yang jelas seri tipe hp yang sudah tentu mendukung upgrade ke marshmallow adalah hp2 yang berlabel android one dan nexus yang memang sudah bekerja sama langsung dengan pihak Google.

      Hapus
  19. mas kalok buat oppo mirror 5 bisa gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sekarang belum bisa gan, apalagi kalau di hp oppo itu kan makenya sistem operasi android hasil modifikasi oppo sendiri namanya color os.

      Hapus
  20. Gan ane mau tanya,kl kitkat busa gak ke lollipop,soalnya hp ane masih versi kitkat 4.4.2 hp ane brand ZTE V9820,tolong pencerahanya gan.trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa gan. Kalau yang masih mungkin dari versi 5 lollipop. Meskipun ada juga cara untuk membuat tampilanya jadi seperti marshmallow, tapi itu hanya launcer aja, karena sistem aslinya tetaplah kitkat. Terima kasih telah berkunjung. :)

      Hapus
  21. gan ane mau nanya,kok infinix hot 2 x510 belum dapet update ya,ane baru beli bulan januari ori,tapi dari segi tampilan mirip kaya marshmallow (dari segi tampilan menu saja (search box)),tapi di cek masih lollipop. Tolong dijawab gan,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya sudah ada notifikasi untuk pembaruan sistem androidnya dari sejak pertama kali hpnya di hidupkan dan terhubung ke internet gan. Coba agan lakukan secara manuan gan, masuk ke menu Setelan==>Tentang Ponsel==>Pembaruan Sistem.Terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  22. Kenapa evercoss one x saya tidak bisa diupgrade ke marsmellow.dan disitu tertulis "sistem anda sudah yg paling baru".masih lolipop ni.apa memang gk bisa marsmellow gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya pemberitahuan untuk sistem update ke os marshmallow otomatis selama hp agan terhubung ke internet. Apakah sebelumnya hpnya udah di root gan..? Hpnya baru beli atau udah beli dari dulu gan..?

      Hapus
  23. Payah ada errornya pas upgrade ke 6.0, nama kontak gak keluar ketika ditelpon atau di SMS, game jadi gak bisa dibuka. Ada yang tau cara downgrade ke Lollipop bawaan Infinix Hot 2? Mohon bantuannya.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba agan Kembalikan semuanya kepengaturan pabrik agar semua file benar-benar bersih. Agan masuk ke Pengaturan – Buat cadangan & Setel ulang – Kembalikan ke setelan pabrik – Setel ulang telepon. Tapi sebelumnya pastikan dulu semua data-data penting telah dipindahkan ke memory external. :)

      Hapus
  24. sory mau tanya gan.infinix hot 2 x510 mau di upgrade ke os6 tp hp sudah di root apakah kemungkinan done,ato kalo nekat di cobain dulu apa kah ada resiko kalo gagal gan,thk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang saya belum mencoba yang kaya gini gan. Coba di unroot sampai komplit dulu, kalau sudah coba aja di upgrade secara OTA gan lihat notofikasi gimana entar. :)

      Hapus
  25. Gan klo mo balikin ke lollipop gmn caranya?
    Hp sya infinx hot 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya mendingan jangan dibalikan ke lollipop lagi setelah upgrade ke marshmallow karena itu lebih ribet dan berisiko. Kalau memang terjadi masalah atau perubahan-perubahan setelah di upgrade itu bisa diatasi gan, dari pada di down-grade atau dikembalikan di ke lollipop lagi malah lebih ribet lagi.. :)

      Hapus
  26. Salam mas, untuk grand prime plus yang os bawaan nya kitkat kemudian skrg sudah lollipop masih bisa tidak upgrade ke marsmallow? Terima kasih perhatian nya. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mas. Silahkan dicoba aja via OTA (over the air). Terima kasih juga telah berkunjung :)

      Hapus
  27. Gan klo aku udah berhasil tpi kok Micro SD ku jadi gk kebaca, terus tk pindah file nya ke Micro SD lainnya memang yg lama tetep gk kebaca,tpi sd card yg baru yg isi file lama ku klo buka aplikasi tertentu misalnya fb selalu ada peringatan maaf fb anda tidak memproses,juga selalu muncul walaupun gk aku buka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba agan kembalikan ke setelan pabrik aja! (reset factory setting).

      Hapus
  28. Nyesel gan udah upgrade ke marshmallow karena malah ribet dan kurang sempurna menurut aye.
    Aq sering kehilangan data tiba2.
    Ada yang tau cara kembalikan ke versi lolipop lagi gak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dikembalikan ke penganturan pabrik dulu gan, biasanya ini akan mengatasi problem setelah di upgrade ke android versi 6 marshmallow.

      Hapus
  29. Kalau upgrade marshmallow di samsung J7 gimana caranya? Soalnya kalau ke SETELAN PEMBARUAN malah Jawabannya Android anda sudah terbaru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk samsung seri tersebut untuk saat ini memang belum mendapatkan jatah giliran upgrade secara OTA Mba. Jadi kalau hp Mba Tina pengin di upgrade harus manual secara offline, tapi saya tidak menyarankan ini karena kemungkinan mengalami error besar Mba.

      Hapus
  30. Gan knp android one gue belum dapat pembaharuan... Aku cek jawabab nya perangkat anda sudah yg terbaru, tpi versi android aku masih 5.1 belum 6. Gi mana solusi nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu gilarannya gan, meskipun untuk android one sebenernya akan mendapatkan jatah upgrade ke v. 6 marshmallow, tapi pada kenyataannya memang waktunya tidak serempak gan.

      Hapus
  31. Gan bisa gak hp saya merk nya MITO modelnya fantasy one A33 di upgrade ke marshmallow tolong bantu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa gan, untuk merk MITO yang bisa hanya yang berlable Android One seperti MITO Impact (A10).

      Hapus
  32. Gan minta tolong donk aku pengen upgrade ke marsmallow udh browsing2 di google tpi gk bisa2 katanya download ini download ini sampe total abis data itu sampe 4GB An ...
    #asus_zenfoneselfie_
    Tolong donk bagi ilmu nya kalo tau gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan Muhammad, memang ASUS telah resmi mengumumkan bahwa ASUS Zenfone Selfie bisa upgrade ke Android M (versi 6 Marshmallow), bisa agan cek langsung di http://www.asus.com/zentalk/thread-81634-1-1.html

      Akan tetapi dalam thread tersebut pihak Asus juga mengumumkan bahwa APP2SD sudah tidak akan support lagi untuk Android M, jadi sebelum melakukan upgrade sistem semua aplikasi yang tadinya terpasang di Micro SD harus di pindahkan ke memory internal hp terlebih dulu.

      Selain itu, ada beberapa aplikasi yang tadinya preload (bawaan ASUS) akan tidak ada lagi seperti ASUS Backup , Mirror, Remote Link, Party Link, PC Link, Photo Frame, What's Next, ASUS MyFrame, ASUS MyWater, Omlet, Data Transfer, Snap View, EZ (TW SKU), Dr. Eye , dan Yahoo. Tapi itu bisa di download lagi di Google Play nanti setelah proses upgrade selesai. Dan sebagai fitur tambahan paket terbaru adalah Google Calendar, Google Messenger, Motion Gesture, dan Camera: Pano Sphere Mode".

      Dan untuk download filenya agan bisa masuk ke http://www.asus.com/Phone/ZenFone_Selfie_ZD551KL/HelpDesk_Download/

      Atau jika ingin lebih mudahnya (tidak ribet),agan bisa sabar menunggu giliran jatah upgrade untuk hp Asus agan langsung. Jadi nantinya akan ada notifikasi di hp agan yang menyatakan bahwa sistem terbaru telah tersedia untuk di perbarui. Semoga sedikit membantu :).

      Hapus
  33. Bang admin hp saya kan Smartfren Andromax A 4G udh versi 5.1.1 kalo mau upgrade ke versi 6.0(marsmalow)gimana yah gan kok pake cara Abang gak bisa bang.
    Tolong jawab admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk upgrade OTA memang ga bisa, untuk manual juga untuk saat ini kayaknya belum bisa juga gan soalnya belum ada pihak yang mengurusnya baik dari Smartfren resmi maupun pihak independen. Tunggu aja kabar selanjutnya gan.

      Hapus
  34. Mas hp saya tipe samsung ace 3 kemarin baru di upgrade dari jelly been ke lollipop kalau mau di upgrade lg ke marshmallow bisa gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin proses upgradenya manual kan gan..? nah kalau mau di upgrade lagi ke Marshmallow juga bisanya dengan cara manual lagi. Karena kemarin agan udah bisa upgrade dari Jelly Bean ke Lollipop pasti juga bisa dari Lollipop ke Mashmallow. Cari tutorialnya banyak gan.

      Hapus
  35. Balasan
    1. Untuk Oppo F1 sekarang kayaknya udah bisa gan, coba di cek langsung dari HP agan. Soalnya untuk Hp Oppo tuh beda dari Android lainnya karena menggunakan Color OS (Android modifikasi Oppo sendiri).

      Hapus
  36. Agan mohon bantuan gimana cara upgrade marshmallow sony xperia m4 aqua.
    Tksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk seri HP kamu hanya bisa di update melalui komputer dengan dikoneksikan menggunakan Aplikasi Sony Xperia PC Companion. Keterangan lengkapnya bisa kamu lihat disini: https://goo.gl/32kTf4

      Hapus
  37. Untuk samsung A5 2015, apakah bisa diupgrade ke versi marshmallow?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, silahkan ci cek di menu Pengaturan, Tentang Ponsel, terus Pembaruan Sistem.

      Hapus
  38. Bang Dino., HTC Desire 826 saya sudah di upgrade ke Marshmallow, alhasil space storage-nya berkurang banyak (kalau lihat detail buat system 6Gb lebih).
    Pertanyaannya, gimana cara mengembalikan space storage setelah upgrade.

    Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan Djojo, coba HP HTC agan di reset factory setting. Tapi pastikan data-data pentingnya di back up terlebih dulu.

      Hapus
  39. Mito a10 kl mau upgrade mm harus root dl ya gan? Trus ada masalah di sinyal ga? Kuat pake lolipop atau ? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga perlu di root, tapi untuk sekarang saya kurang tahu masih bisa apa ga, soalnya Google dulu kan janjinya hanya akan memberikan update untuk 2 tahun kedepan terhitung dari peluncuran Android One aja.. Silahkan langsung aja dicoba aja... Kalau sudah di upgrade dari Lollipop ke Marshmallow untuk sinyal ga ngaruh kok.. semuanya lancara-lancar aja..

      Hapus

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.