17 Oktober 2015

Fakta Dan Mitos Sakit Tenggorokan

[Iklan Sponsor oleh Google]
fakta_sakit_tenggorokan
Sakit tenggorokan adalah sesuatu yang sering dialami oleh sebagian orang dewasa dan anak-anak. Umumnya akan di obati dengan obat antibiotik dan ada juga yang mengkonsumsi obat herbal alami tradisional untuk menyembuhkanya.
Terkadang hanya menimbulkan gejala yang ringan dan kemudian akan cepat sembuh dengan sendirinya. Tapi terkadang juga menimbulkan gejala yang lebih berat dan sangat mengganggu. Karena pada saat terjadi peradangan yang cukup parah pada tenggorokan biasanya akan berdampak dan menimbulkan beberapa masalah diantaranya susah dan sakit saat menelan serta terasa sangat gatal di bagian dalamnya.

Tenggorokan menurut sumber dari wikipedia adalah bagian dari leher yang terdiri dari faring dan laring. Tenggorokan memiliki sebuah selaput otot yang dinamakanepiglottis yang berfungsi untuk memisahkan esofagus dari trakea dan mencegah makanan dan minuman untuk masuk ke saluran pernapasan. Tenggorok itu terdiri dari 2 bagian:

Jalan makan (kerongkongan):Orofaring, hipofaring dan esofagusJalan napas (tenggorok): Faring,laring dan trakea

selain itu, jika makanan masuk ke Tenggorokan kita akan tersedak.

Dan berikut ini adalah beberapa hal antara fakta dan mitos seputar sakit tenggorokan yang saya kutip dari aplikasi android yang bernama How's Your Throat Today? persembahan dari strepsils. Klik disini untuk mengunduhnya.

Radang tenggorokan tidak disertai dengan gejala lain? Ini mitos atau fakta?

Ini adalah mitos, karena faktanya adalah: Radang tenggorokan dapat disertai dengan gejala lain seperti batuk, bersin, demam, serta pembesaran kelenjar getah bening dileher.

Hidung yang tersumbat tidak perlu diobati? Ini mitos atau fakta?

Ini adalah mitos. Karena hidung yang tersumbat perlu diatasi karena itu adalah salah satu gejala dari influenza. Influenza yang berkepanjangan dan tidak diatasi dapat menyebabkan komplikasi sinusitis, terlebih lagi hidung tersumbat dapat memberikan efek yang tidak nyaman bagi penderita.

Jika anda sakit tenggorokan tidak perlu ke dokter?

Itu adalah mitos! Mengingat radang tenggorokan juga dapat disebabkan karena adanya infeksi, maka sebaiknya penderita dibawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Radang tenggorokan ada hubunganya dengan flu (common cold)

Ini adalah fakta! Karena sebagian sakit radang tenggorokan disebabkan oleh virus. Virus yang menyebabkan common cold akan menyebabkan anda mengalami keluhan seperti hidung meler atau ingusan. Dan drainase/lendir ini dapat mengenai tenggorokan dan ini disebut post-nasal-drip. Drainase ini sangat mengiritasi tenggorokan dan dengan demikian akan sering timbul rasa nyeri di tenggorokan ketika sedang sakit flu.

Berbagi makanan dapat menularkan virus atau bakteri penyebab radang tenggorokan dan hidung tersumbat?

Itu adalah fakta! Karena infeksi radang tenggorokan disebabkan oleh virus atau bakteri yang cara penularanya tidak hanya melalui udara, namun melalui juga alat makanan yang digunakan secara bersama-sama.

Hidung tersumbat yang disebabkan oleh alergi tidak dapat diobati dan disembuhkan dengan antibiotik.

Alergi memang tidak dapat disembuhkan. Pengobatan yang terbaik untuk hidung tersumbat karena alergi adalah mencegah alergen pencetus alergi itu, misalnya minum antihistamin selama 20 menit sebelum anda terpapar oleh alergen pencetus alergi anda.

Sakit tenggorokan tidaklah berbahaya sehingga tidak usah diobati?

Itu adalah mitos! Karena sakit tenggorokan awal mulanya memang tampak sepele dan tidak berbahaya. Namun, jika dibiarkan terkadang rasa sakit di tenggorokan bisa menjalar ke organ tubuh vital seperti jantung dan ginjal. Radang yang terus berlanjut juga dapat menimbulkan penyumbatan jalan napas yang fatal, terutama pada anak-anak. Jadi kesimpulannya sakita tenggorokan harus diobati.

Sakit tenggorokan harus selalu diobati dengan antibiotik?

Itu adala mitos! Atau pendapat itu tidaklah seluruhnya benar. Karena jika penyebabnya adalah virus, perbanyaklah istirahat, makan makanan bergizi, minum yang cukup, dan mengkonsumsi tablet hisap antiseptik cukup untuk meredakan gejala.

Demikian beberapa hal antara fakta dan mitos tentang sakit tenggorokan yang mungkin bermanfaat untuk anda ketahui. Apabila anda, anak anda atau orang disekitar anda ada yang kebetulan sedang sakit radang tenggorokan silahkan pilih jenis obat yang ingin anda konsumsi. Obat antibiotik yang tersedia di apotik yabg sesuai dengan resep dari dokter atau dengan obat herbal tradisional yang alami. Terima kasih telah membaca.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.