9 Oktober 2015

Aplikasi Android Pelacak Pengunjung Blog

[Iklan Sponsor oleh Google]
tampilan_pengunjung_blog
Sudah lama Google Inc telah menyediakan alat yang memudahkan kita untuk melacak dan mengetahui pengunjung website atau blog kita yaitu Google Analytics. Dengan alat itu kita bisa dengan mudah mendapatkan statistik dari setiap pengunjung yang sedang online atau sudah mengunjungi website/blog kita. Karena didalam feature Analytics ada juga fitur real time (waktu nyata) dan dengan ini kita bisa dengan mudah mengetahui siapa saja yang sedang online mengunjung website kita, artikel apa yang sedang dibaca, dari mana sumber trafik atau lau lintas kunjungan, perangkat apa yang digunakan dan yang lainya. Dan awalnya memang hanya tersedia untuk versi desktop saja. Namun kinipun sudah tersedia untuk versi mobile yang bisa di unduh dan dipasang gratis dari Play Store dengan perangkat smarthphone os android versi lollipop, marshmallow atau yang terbaru android 7.0 nougat.



Kita memang sangat memerlukan data-data dari pengunjung blog kita. Dan tentunya data-data ini bukanlah data-data pribadi setiap visitor, melainkan hanya sebatas data-data umum yang tidak melanggar kebijakan pribadi dari pengunjung. Agar kita bisa menganalisa dengan baik maju mundur atau naik turunya jumlah visitor di blog kita. Konten apa saja yang paling di minati dan yang paling banyak dicari oleh visitor.

Untuk anda kebetulan sudah mempunyai website atau blog namun belum menggunakan tool ini, saya sarankan agar anda segera mencobanya. Jika belum pernah mendaftar silahkan klik link ini https://www.google.com/analytics/ untuk mendaftar dengan akun google secara gratis dan hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Setelah proses registrasi telah selesai, silahkan buka pada menu Admin ==> PROPERTY ==> Create  new property yang ada di website Google Analytics untuk mendapatkan traking id yang nantinya kita taruh di website yang akan kita lacak.

Silahkan isi nama website anda, alamat url website anda, kategori website anda, dan juga zona waktu laporan anlytics untuk website anda, lalu klik Get Trcaking Id. Maaf saya tidak bisa menampilkan screenshotnya karena pada tahap ini, saya yakin dengan mudah anda bisa mengikutinya.

Setelah anda mendapatkan Tracking Idnya, silahkan anda copy kode tersebut dan tempelkan pada template di website anda sebelum kode </head>. Bagi anda pengguna blogspot tidak perlu menyalin script kodenya semuanya, namun hanya traking idnya saja (seperti nomer yang berwarna merah dibawah) lalu menempatkannya di Masuk ke Blogspot, pilih menu Setelan ==> Lainya==> Lalu masukan kodenya pada yang bertuliskan ID Properti Web Analytics kemudian klik simpan setelan. Dan jenis script kodenya seperti ini:


<script>
  (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){
  (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o),
  m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m)
  })(window,document,'script','//www.google-analytics.com/analytics.js','ga');

  ga('create', 'UA-77588430_77', 'auto');
  ga('send', 'pageview');

</script>

Setelah anda berhasil pada tahap diatas, selanjutnya adalah unduh dan pasang aplikasi Google Analytics untuk untuk hp anda. Dengan menggunakan aplikasi Google Analytics untuk os smarthphone android ini anda akan dengan mudah mengetahui data-data dan statistik dari setiap pengunjung website anda. Silahkan masuk ke Google Play Store dari hp anda untuk memasangnya. Walaupun kenyataannya tetap ada juga sebagian visitor yang selalu ingin merahasiakan data kunjungannya dengan cara menonaktifkan fitur-fitur pelacakan  dari website yang sedang dikunjungi melalui web browser yang digunakan. Karena pada sebagian web browser memang memiliki fitur seperti ini.

Menu navigasi pada Google Analytics  ini sangat mudah digunakan. Diantaranya terdiri dari:

Ikhtisar: Yang memberikan laporan secara umum dan belum secara detail atau lebih rinci tentang data statistik visitor website kita.

lacak_lokasi_pengunjung
Waktu -Nyata: Ini akan menampilkan jumlah pengunjung yang sedang aktif di website kita. Jenis pengunjung baru atau pengunjung yang kembali lagi, dari mana negara mana lokasi pengunjung, rujukan teratas, lalu lintas teratas, kata kunci teratas, laman aktif teratas untuk blog kita, dan akuisisi pengunjung dari mesin pencari, kunjungan langsung, atau melalui referal website lain.

Pemirsa: Ini akan menampilkan secara lebih rinci dari visitor blog kita, diantaranya bahasa yang digunakan, lokasi negara atau kota, web browser, jenis perangkat, jaringan yang di gunakan untuk mengakses blog kita, berapa jumlah kunjungan, berapa jumlah kunjungan baru atau unik, berapa banyak tampilan laman, berapa rata-rata laman per kunjungan, berapa rata-rata durasi lamanya per kunjungan, dan juga presentase antara kunjungan lama dengan kunjungan baru. Sebenarnya masih ada beberapa menu lagi yang ada di aplikasi Google Analytics tersebut, namun yang paling utama dan terpenting adalah seperti pada menu yang sudah saya tuliskan diatas. Selebihnya bisa anda lihat sendiri. Demikian tips singkat saya tentang cara mengetahui pengunjung blog kita dengan mudah dan gratis dengan menggunakan Google Analytics yang tersedia untuk hp android. Terima kasih telah berkunjung.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika komentar anda belum juga saya tampilkan, kemungkinan karena hal-hal sebagai berikut:

- Pertanyaan yang anda ajukan sudah pernah di tanyakan oleh penanya yang lain dan sudah saya tampilkan.

- Pertanyaan yang anda ajukan tidak ada relevansinya sama sekali dengan topik artikel yang sudah saya tulis diatas.

NB: Komentar SPAM akan langsung saya hapus untuk selamanya.

.
.